• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA II MAN I PALEMBANG | Misnoraliawati | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA II MAN I PALEMBANG

    Misnoraliawati Misnoraliawati

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas Penggunaan Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Fisika.  Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri I Palembang. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 25 Oktober 2016 sampai 6 Desember 2016.  Obyek penelitian adalah siswa kelas  XI IPA 1  MAN I Palembang berjumlah 33 orang terdiri 13 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, diskusi. Analisis data dengan cara diskriptif kualitatif, dengan menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil analisis diketahui sebagian besar siswa dalam kegiatan pembelajaran pokok bahasan Elastisitas pada siklus satu, minat belajar, perhatian pelajaran, dan partisipasi masih relatif rendah. Pada kegiatan pembelajaran pokok bahasan Usaha dan Energi pada siklus dua, minat belajar, perhatian, partisipasi mengalami peningkatan secara signifikan. Hasil analisis dari siklus 1, siswa yang mencapai lebih dari ketuntasan minimum (? 60) sebanyak 10 orang atau mencapai 30% sedangkan 23 orang atau 70% tidak mencapai ketuntasan minimum. Hasil siklus ke 2, siswa yang mencapai lebih dari ketuntasan minimum (? 60) sebanyak 25 orang atau mencapai 76% sedang yang tidak mencapai ketuntasan minimum sebanyak 8 orang atau 24%. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa

    Keywords


    tutor sebaya, siswa, hasil belajar, fisika

    References


    Arikunto, Suharsimi. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

    Ariska, Melly. Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. 2018; 8(2) :15-123.

    DOI: 10.26740/jpfa.v8n2.p115-123

    Ariska, Melly. Analisis Momen Inersia Tippe Top Di Bidang Datar Sebagai Kontribusi Pada Mata Kuliah Mekanika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 5(2) :181-186.

    Dimyati dan Moedjiono. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Rineka Cipta.

    Hamalik, Oemar. 1993. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

    Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. PT Rajawali Pers.

    Nana Sudjana. 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru.

    Purwoko dan Fendi. Fisika 2 SMA Kelas XI. Jakarta. Yudhistira.

    Suharsimi Arikunto. 1992. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta:Rajawali.

    Supiyanto. 2006. Fisika untuk SMA Kelas XI. Jakarta. PT Phibeta Aneka Gama.

    Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i1.5750

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats