PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATA KULIAH LISTRIK MAGNET BERBASIS MULTIREPRESENTASI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Abstract
Telah dihasilkan modul mata kuliah Listrik Magnet berbasis multirepresentasi yang telah dilakukan dan diujicobakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika angkatan 2016 Universitas Sriwijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul mata kuliah Listrik Magnet berbasis multirepresentasi yang valid dan praktis. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan produk oleh Rowntree dan pada tahap evaluasi peneliti menggunakan prosedur evaluasi formatif dari Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Kevalidan modul ini dinilai oleh ahli dari tiga aspek yakni aspek isi (content), aspek desain dan aspek bahasa. Dari hasil validasi ahli (expert review) didapatkan nilai rata-rata dari ketiga validator sebesar 84,3 % dengan kategori valid. Kepraktisan modul ini dilihat dari skor rata-rata angket pada tahap one to one evaluation dan small group evaluation. Dari tahap one to one evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 85,2% dengan kategori praktis. Dari hasil small group evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 82,5% dengan kategori praktis. Hasil yang didapatkan dari tahap evaluasi ini menunjukkan bahwa Modul Mata Kuliah Listrik Magnet Berbasis Multirepresentasi yang dikembangkan telah valid dan praktis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arafah, F.S. Priyono, B.dan Ridlo,S. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis inkuiri Pada Materi Animalia Untuk SMA 12 Semarang. Program Studi Pendidikan Sains: FMIPA Unnes. Semarang. Jurnal BioEdu 9(2)II,: 1-9.
Ariska, Melly. Pemanfaatan Komputasi pada Pembelajaran Fisika dalam Merumuskan Dinamika Benda Ruang 3D. Seminar Nasional Pendidikan IPA 1 (1), 139-149.
Desoete, A.,Roeyers, H.&Buysse, A.2001. Metacognition and mathematical Problem solving in grade 3. Journal of Learning Disabilities, 34(5), 435-447.
Hoseinzadeh, D., & Shoghi, B. 2013. The role of metacognition knowledge component in achievement of high school male students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 84, 1031-1035.
Kemendikbud. 2016. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. 06 Juni 2016. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Khan, M. A.2009. Teaching of heat and temperature by hypothetical inquiry approach: A sample of inquiry teaching. Journal of Physics Teacher Education Online, 5(2), 43-64.
Li, D. D., & Lim, C. P. 2008. Scaffolding online historical inquiry tasks: A case study of two secondary school classrooms.Computers & Education, 50(4), 1394-1410.
Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69
Ariska, Melly. Analisis Dinamika Gasing Balik Tanpa Gesekan Dengan Syarat Awal Bervariasi Berbasis Reduksi Routhian. Indonesian Physical Review 2 (2), 68.
Odom, S. L. (1993). Integrating young children with disabilities into community programs. TECSE. 13(3): 388-393.
Ornay, A. J. D. (2017). Pemahaman dan miskonsepsi tentang konsep gerak dan gaya pada siswa kelas SMAN 1 Titehena. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Santana Dharma.
Ozmen, H., & Naseriazar, A. (2017). Effect of simulations enhanced with conceptual change text on university students’ understanding of chemical equilibrium. J. Serb. Chem. Soc. 82(0): 1-16.
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i1.5777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats