PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PSIKOMOTORIK MATERI FISIKA UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SEBAGAI UPAYA MELAKUKAN PENILAIAN AUTENTIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azizah, N., Indrawati., & Harijanto, A., (2014)., Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil belajar Fisika Siswa Kelas X.C di MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2013/2014. JPF. Vol 3. No. 3.
Ariska, Melly. Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. 2018; 8(2) :15-123.DOI: 10.26740/jpfa.v8n2.p115-123
Ariska, Melly. Analisis Momen Inersia Tippe Top Di Bidang Datar Sebagai Kontribusi Pada Mata Kuliah Mekanika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 5(2) :181-186.
Mutisya, S.M., Rotich, S. & Rotich, P.K., (2013)., “Conceptual Understanding Of Science Process Skills and Gender Stereotyping: A Critical Component For Inquiry Teaching Of Science In Kenya’s Primary Schools”. Journal of Social Science & Humanities, Vol 2 No. 3
Murniati dkk (2017)., Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Ketrampilan Proses Sains., Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika., Vol 2. No 2. Edisi Mei 2018. ISSN 23557-109.
Murtono, Evi Miskiyah., (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi dengan Teknik Simulasi sebagai Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Fisika Materi Fluida SMA Kelas XI Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika Vol 2. No 2. Edisi Mei 2014. ISSN 23557-109 Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Rahayuningsih, E., & Dwiyanto, D. (2005). Pembelajaran di Laboratorium. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan Gadjah Mada.
Rosa, F. O. (2015)., Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. 1(2): 24-28. ISSN: 2443-2911.
Sakti, I. (2011)., Korelasi Antara Pengetahuan Alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan. Jurnal Exacta. Vo 9 No 1.
Setiawan, Agung., Sutarto., & Indrawati., (2012)., Metode Praktikum dalam Pembelajaran Pengantar Fisika SMA: Studi Pada Konsep Besaran dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013. JPF. Vol 1 No 3.
Silberman, M. L. (2006)., Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.
Singer, R. N. (1972)., The Psychomotor Domain: Movement Behavior. London: Henry Kimton Publisher.
Slater, T.F., (1993)., Performance Assessment The Physics Teacher. Vola 31. No 5.
Slavin, Robert E. (2010)., Cooperative Learning. Diterjemahkan oleh: Narulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik & Menyenangkan.
Thiagarajan,S. Dkk. (1974)., Intructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota, Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Wulan, A. R., (2010)., Penilaian Kinerja dan Portopolio Pada Pembelajaran Biologi. http//upi.edu/fpmipa/anaratnawulan.
Zainul, A. (2001). Alternatif Assesment. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i2.7318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Ogan Ilir, Indonesia
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :
View My Stats