DESAIN BAHAN AJAR FISIKA DALAM JARINGAN (DARING) BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA SMA

Winny Liliawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar fisika dalam jaringan (daring) materi pemanasan global berorientasi pendidikan karakter untuk peserta didik sekolah menengah atas. Perkembangan teknologi, digital, dan adanya internet membuat bahan ajar semakin canggih, menarik, dan materi menjadi mudah dipahami. Namun perkembangan teknologi ini diiringi dengan penurunan karakter peserta didik. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar daring yang berorientasi pendidikan karakter. Artikel ini menyajikan desain dan hasil validasi bahan ajar daring yang berorientasi pendidikan karakter. Metode penelitian menggunakan design based research. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian bahan ajar dalam jaringan yang  berorientasi pendidikan karakter untuk aspek konten, media, dan pendidikan karakter. Aspek karakter yang dinilai ada 5 yaitu religius, gemar membaca, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, dan kejujuran. Validator berjumlah 5 orang ahli untuk menilai konten materi dan pendidikan karakter, dan 7 orang ahli untuk menilai media. Uji validasi menggunakan persamaan Content Validity Rasio (CVR) dan dikategorikan. Hasil yang diperoleh, skor CVR untuk aspek konten 0,86 kategori sangat sesuai, aspek media dan pendidikan karakter 0,69 kategori sangat sesuai. Kesimpulannya bahwa bahan ajar dalam jaringan berorientasi pendidikan karakter sangat layak digunakan dan sangat sesuai dalam menerapkan pendidikan karakter.

Keywords


Bahan ajar; dalam jaringan (daring); karakter; pemanasan global

Full Text:

PDF

References


Amiel, T & Reeves, T.C. (2008). Design-Based Research and Educational Technology: Rethinking Technology and the Research Agenda. Educational Technology & Society, 111 (4).

Berlin, D.F., & White, A.L. (2012). A Longitudinal Look at Attitudes & Perceptions a related to the Integration of Mathematics, Science, & Technology Education. School Science & Mathematics. 112 (1).

Chapman, A. (2011). Implementing Character Education into School Curriculum. ESSAI: Vol. 9, http://dc.cod.edu/essai/vol9/iss1/11

Character education: better students, better people. (2010). Education Digest, 75(7), 47-49.

Chingos, M. M. & Grover J. (2012). Choosing Blindly Instructional Materials, Teacher Effectiveness, and the Common Core. Brown Center on Education Policy at Brookings. 4 (10).

Garofalakis, J.D, Lagiou, E.V., & Plessas, A.P..(2013). Use of Web 2.0 Tools for Teaching Physics in Secondary Education. International Journal of Information and Education Technology, 2013: 3 (1).

Gray, T. (2009). Character Education in Schools. ESSAI: Vol. 7, Article 21. Tersedia:http://dc.cod.edu/essai/vol7/iss1/21

Hamalik, O (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books

Lickona, T. (2004). Character matters, how to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. New York: Simon & Schuster

Liliawati, W., Purwanto, Zulfikar. A., & Kamal, R.N. (2018). The Effectiveness of learning materials based on multiple intelligence on the understanding of global warming. 4th International Seminar of Mathematics, Science and Computer Science Education. IOP Publishing Journal of Physics. Conf. Series 1013 (2018) 012049

Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maryati, A.M. (2016). Pengembangan Buku Nonteks Pelajaran IPA Terpadu Menggunakan Model Webbed dengan Tema Kesehatan. Unpublished Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Matera, D. (2001). A cry for character. Paramus: Prentiss Hall Press.

Orhun, 2004 Orhun, E. (2004). Web Based Learning Materials for Higher Education : The Merlot Repository. The Turkish Online Journal of Educational Technology. 3 (10).

Pannen, P., Mustafa, D., & Sekarwinahyu, M. (2001). Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas

Peraturan Presiden RI nomor 87 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. (2017). Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia

Wilson, F.R., Pan, W., & Schumsky, D.A. (2012). Recalculation of the Critical Values for Lawshe’s Content Validity Ratio. Measurement and Evaluation in Counselling and Development. 45 (197)




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i2.9856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats