ANALISIS TRANSFORMASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN FISIKA BAGI MAHASISWA CALON GURU
Murtono Murtono
Abstract
Abstract
Mathematics is a tool used to represent, explain, and solve problems in physics, so its role is very important. By giving open questions and deep question to prospective teacher students it can be obtained how prospective teachers represent physicaly concepts and teach them to students. From the results of the analysis it can be obtained that a prospective teacher representation and teaches it to students as is commonly accepted when studying in higher education. In solving physic problems, it is often not in suitable with the context of the problem and is more often to the previosly understood.
Matematika merupakan alat yang digunakan untuk mempresentasikan, menjelaskan, dan menyelesaikan permasalahan Fisika, sehingga peranannya sangat penting. Dengan memberikan pertanyaan terbuka kepada mahasiswa calon guru dan wawancara mendalam dapat diperoleh bahwa bagaimana calon guru mempresentasikan konsep fisika dan mengajarkannya kepada peserta didik. Dari hasil analisis diperoleh bahwa seorang calon guru mempresentasikan dan mengajarkannya kepada peserta didik seperti yang biasa diterima ketika belajar diperguruan tinggi. Dalam menyelesaikan masalah fisika, sering tidak sesuai dengan kontek soalnya dan lebih kepada yang sering dipahami sebelumnya.