PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TERMODINAMIKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (PsACAr) PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA

Arini Rosa Sinensis, Harry Firman, Ida Hamidah, Muslim Muslim

Abstract


Penelitian ini mendukung untuk mengevaluasi kelayakan instrumen tes termodinamika untuk mengevaluasi dan mengukur kemampuan pemecahan (PsACAr) pada calon siswa fisika guru. Metode yang digunakan adalah DDR ( Desain, Pengembangan dan Penelitian ). Sampel yang digunakan dalam uji kelayakan adalah 52 siswa calon guru fisika yang telah lulus mata kuliah termodinamika. Instrumen tes terdiri dari 20 Soal uraian termodinamika yang diterbitkan komponen pemecahan masalah; 1) Skema Masalah (Ps), 2) Analogi (A), 3) Kausal (C), 4) Argumentasi(Ar). Teknik analisis data untuk uji kelayakan isi instrumen divalidasi oleh lima ahli dan analisis menggunakan CVR dan uji kelayakan konstruk menggunakan analisis validitas ( Pearson product Moment ) dan reliabilitas uji ( Cronbach Alpha) . Hasil menunjukkan bahwa 15 instrumen tes pemecahan masalah (PcACAr) dinyatakan valid dengan nilai signifikansi (p) 16â ‰ ¤ "> 0,05 dan memiliki kategori reliabilitas tinggi dengan nilai 0,759. masalah termodinamika mahasiswa calon guru fisika.    

Keywords


Instrumen tes, pemecahan masalah, termodinamika, validitas dan reliabilitas

Full Text:

PDF

References


Ayre, C., & Scally, A. J. (2014). Critical values for Lawshe’s content validity ratio: Revisiting the original methods of calculation. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 47(1), 79–86. https://doi.org/10.1177/0748175613513808

Funke, J. (2017). The Nature of Problem Solving. In Using Research to Inspire 21sr Century Learning. Paris: OECD 2017.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H (2012) How to design and evaluate research in education. New york: Mc-Graw Hill.

Hidayat, S. R., Setyadin, A. H., Hermawan, H., Kaniawati, I., Suhendi, E., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 157–166. https://doi.org/10.21009/1.03206

Jonassen, D. H. (2011). Learning to solve the problems. Taylor & Francis: Routledge.

Leman, M. A. 2018. Cara Praktis Melakukan Uji Validitas Alat Ukur Penelitian. Yogyakarta: Gosyen.

Richey, R, & Klein, J D (2007) Design and development research: Methods, strategies, and issues. Mahwah, New Jersey: London

Rotherham, A J. and Willingham, D. T. (2010). 21st-Century” Skills Not New, but a Worthy Challenge. American Educator, 17–20. https://doi.org/10.1145/1719292.1730970

Sinensis, A. R., Firman, H., Hamidah, I., & Muslim, M. (2019). Reconstruction of collaborative problem solving based learning in thermodynamics with the aid of interactive simulation and derivative games. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032042

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan Sebagai tuntutab. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 263–278. https://doi.org/2528-259X




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i2.9879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats