• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONSEP PADA POKOK BAHASAN CAHAYA KELAS VIIIB SMPN 1 BELITANG JAYA | listari | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONSEP PADA POKOK BAHASAN CAHAYA KELAS VIIIB SMPN 1 BELITANG JAYA

    Sri listari, Lisma wati

    Abstract


    Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar di kelas VIII, nilai rata-rata nilai ulangan siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk membantu, dalam penelitian ini, membuat pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Pembelajaran dengan Tujuan meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang Jaya. Berdasarkan hasil penelitian, keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran interaktif berdasarkan konsep peningkatan sebesar 20%. Hal ini dapat meningkatkan tingkat partisipasi siswa pada siklus pertama sebesar 62,50% menjadi 82,50% pada siklus kedua. Prestasi belajar siswa mencapai 80,13 dan pertemuan pertama rata-rata hasil belajar siswa adalah 83,07.Belajar dengan menggunakan pembelajaran interaktif berbasiskan konsep dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.


    Keywords


    pembelajaran interaktif berbasis konsep; aktivitas; prestasi

    Full Text:

    PDF

    References


    Azwar, Saifudin. (1998). Tes Prestasi II. Yogyakarta: Pustaka

    Pelajar.

    Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

    Hamalik, Oemar. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:

    Bumi Aksara.

    Purwanto, Ngalim. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi

    Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

    Pusat Bahasa Depdiknas. (2002). Kamus Besar Bahasa

    Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

    Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar

    Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

    Sriyanti, Ida. (2009). Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah.

    Volume 1: 23-26.

    Sudjana, Nana. (2004). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar.

    Bandung: Remaja Rosdakarya.

    Syah, Muhibbin. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi

    Aksara.

    User, Moh.Usman. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung:

    Remaja Rosdakarya.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i2.9884

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats