PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONSEP PADA POKOK BAHASAN CAHAYA KELAS VIIIB SMPN 1 BELITANG JAYA

Sri listari, Lisma wati

Abstract


Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar di kelas VIII, nilai rata-rata nilai ulangan siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk membantu, dalam penelitian ini, membuat pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Pembelajaran dengan Tujuan meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang Jaya. Berdasarkan hasil penelitian, keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran interaktif berdasarkan konsep peningkatan sebesar 20%. Hal ini dapat meningkatkan tingkat partisipasi siswa pada siklus pertama sebesar 62,50% menjadi 82,50% pada siklus kedua. Prestasi belajar siswa mencapai 80,13 dan pertemuan pertama rata-rata hasil belajar siswa adalah 83,07.Belajar dengan menggunakan pembelajaran interaktif berbasiskan konsep dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.


Keywords


pembelajaran interaktif berbasis konsep; aktivitas; prestasi

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifudin. (1998). Tes Prestasi II. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:

Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi

Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Pusat Bahasa Depdiknas. (2002). Kamus Besar Bahasa

Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar

Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sriyanti, Ida. (2009). Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah.

Volume 1: 23-26.

Sudjana, Nana. (2004). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi

Aksara.

User, Moh.Usman. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung:

Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i2.9884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats