PENGGUNAAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI 11 INDRALAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 di SDN 11 Indralaya. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan rancangan penelitian Non equivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari kelas III-B berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas III-A berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data berdistribusi normal. Oleh karena itu, analisis data menggunakan uji t pooled varian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari analisis datadiketahui rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 76,31, sedangkan pada kelas kontrol adalah 59,69. Setelah dilakukan interpolasi untuk dk= 45 dan taraf signifikan 5% maka diperoleh thitung sebesar 3,811. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,811 > 2,012 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga blok pecahan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 11 Indralaya pada mata pelajaran matematika.
Kata Kunci: alat peraga blok pecahan, pembelajaran matematika, hasil belajar.Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i1.8329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id