PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIS PADA SD NEGERI 010 RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Tiarnis Tiarnis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi akademis pada SD Negeri 010 Rambah Kabupten Rokan Hulu. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan sekolah dengn intrumen observasi dan penilaian yang berisi 30 item yang digunakan selama pembelajaran berlang­sung. Hasil penilaian kemudian dianalisis dan dijadikan sebagai bahan perencanaan tindakan pada siklus berikutnya untuk menarik kesimpulan. Temuan Penelitian Tindakan Sekolah menunjukan bahwa berdasarkan observasi awal pada SD Negeri 010 Rambah Kabupaten Rokan Hulu, guru memperoleh nilai rata-rata 56%. Setelah dilaksanakan siklus pertama diperoleh nilai rata-rata 73%. Sedangkan pelaksanaan siklus kedua diperoleh nilai rata-rata 89%. Implikasi hasil penelitian tindakan sekolah melalui supervisi akademis dapat mening­­­kat­kan kinerja guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada SD Negeri 010 Ram­bah Kabupaten Rokan Hulu. Dengan demikian, hasil penelitian tindakan sekolah ini diha­rap­kan dapat menjadi masukan bagi kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Bagi  Pengawas Sekolah dan stake holder Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu sebagai masukan dalam melakukan pembi­naan terhadap kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada se­ko­­lah dasar di Kecamatan Rambah.

Kata Kunci : Kinerja Guru, Supervisi Akademis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i1.8333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433