PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIS PADA SD NEGERI 010 RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi akademis pada SD Negeri 010 Rambah Kabupten Rokan Hulu. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan sekolah dengn intrumen observasi dan penilaian yang berisi 30 item yang digunakan selama pembelajaran berlangsung. Hasil penilaian kemudian dianalisis dan dijadikan sebagai bahan perencanaan tindakan pada siklus berikutnya untuk menarik kesimpulan. Temuan Penelitian Tindakan Sekolah menunjukan bahwa berdasarkan observasi awal pada SD Negeri 010 Rambah Kabupaten Rokan Hulu, guru memperoleh nilai rata-rata 56%. Setelah dilaksanakan siklus pertama diperoleh nilai rata-rata 73%. Sedangkan pelaksanaan siklus kedua diperoleh nilai rata-rata 89%. Implikasi hasil penelitian tindakan sekolah melalui supervisi akademis dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada SD Negeri 010 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Dengan demikian, hasil penelitian tindakan sekolah ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Bagi Pengawas Sekolah dan stake holder Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rokan Hulu sebagai masukan dalam melakukan pembinaan terhadap kepala sekolah dan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada sekolah dasar di Kecamatan Rambah.
Kata Kunci : Kinerja Guru, Supervisi Akademis
Full Text:
PDFCopyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id