PENGARUH PUNISHMENT PADA ANAK TK YANG MENGALAMI SUSAH MAKAN

Jaji Jaji

Abstract


Tujuan: Undang-undang Sisdiknas mengartikan bahwa 0-6 tahun mengkategorikan sebagai anak usia dini. Merupakan masa perkembangan dan pertumbuhan yang sangat menentukan perkembangan masa selanjutnya. Oleh karenanya harus di support oleh nutrisi seimbang yang adekuat. Penelitian ini mencari pengaruh punishment pada anak TK yang mempunyai pola makan susah.

 

Metode: Pre Experimental Design dengan metode pendekatan satu group yang di beri perlakuan Pretest dan Posttests. Populasi penelitian yaitu anak-anak TK Arwana sebanyak 26 siswa, yang semuanya di jadikan sampel.

 

Hasil: Hasil penelitian didapatkan responden terbanyak adalah berjenis kelamin wanita yaitu 16 (61,5 %) orang, konsumsi makan yang disajikan sebelum diberi perlakuan frekuensinya terbanyak yaitu makanan habis setengah 13 (50%), mengkonsumsi makanan yang disajikan pada siswa yang di beri punishment frekuensi terbanyak yaitu makanan habis semua 10 (38,5%), dan hasil uji bivariate diperoleh angka p=0.001, berarti terdapat perbedaan konsumsi makanan awal dengan konsumsi makanan dengan punisment secara signifikan.

 

Simpulan: Modifikasi perilaku operan conditioning salah satunya punishment dapat di gunakan untuk mengatasi masalah pada anak, akan tetapi punishment yang digunakan harus sesuatu yang sifatnya memperbaiki.

 

Kata kunci: anak usia dini, punishment, makanan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN : 2355-5459

E-ISSN : 2684-9712

Creative Commons License
Jurnal Keperawatan Sriwijaya by https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jk_sriwijaya/index is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.