Pelaksanaan Pelayanan Sirkulasi bagi pemustaka di Ruang Baca FKIP Universitas Sriwijaya Inderalaya
Abstract
Pelaksanaan pelayanan sirkulasi bagi pemustaka di ruang baca FKIP unsri inderalaya ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan sirkulasi bagi pemustaka di ruang baca FKIP UNSRI Indralaya.Pelayanan sirkulasi diharapkan memberi hasil yang maksimal, karena pelayanan sirkulasi yang maksimal akan juga memberi kualitas, sehingga imej perpustakaan di mata publik positif. (Nur’aini,2003).Pelaksanaan pelayanan sirkulasi bagi pemustaka di ruang baca FKIP Unsri inderalayasudah berjalan baik perlu dilihat indikator-indikator yang digunakan dalam pelaksanaan pelayanan sirkulasi. Hal ini terlihat dari ke 5 (lima) indikator, yaitu pendaftaran, peminjamanbuku, pengembalian, pemberian sanksi, penagihan dan bebas pinjam. Kegiatan pelayanan informasi kepada pemustaka dapat berjalan dengan baik apabila unsur-unsur ada dalam sebuah unit kerja dikelola dengan baik. Pustakawan sebagai pengelola informasi memiliki peranan dalam menentukan efektivitas pelayanan perpustakaan. Pelayanan perpustakaan perguruan tinggi ada 4 macam, yaitu: 1) Pelayanan Sirkulasi, 2) Pelayanan Referens, 3) Pendidikan Pemakai dan 4) Disseminasi informasi.
Keywords
Pelaksanaan, Pelayanan, Sirkulasi, Pemustaka
Full Text:
PDFReferences
A.S. Budiman, Perilaku Pemakai Perpustakaan, UPT Perpustakaan Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 2002.
Nuraini, Media Informasi: Forum Komunikasi Perpustakaan, in: 2003: hal. 20–25.
Y. Supriyanto, Info Persada: Media Informasi Perpustakaan Universitas Sanata Dharma, in: 1 ed., 2006: hal. 12–16.
I. Sumardiyono, Media Informasi: Forum Komunikasi Perpustakaan, in: 4 ed., 2000: hal. 13–18.
S. Rumani, Media Informasi: Forum Komunikasi Perpustakaan, in: 2000: hal. 4.
Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, Indonesia, 2003.
Refbacks
- There are currently no refbacks.