• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • Peran Makerspace di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Pesisir Daerah Istimewa Yogyakarta | Saufan | Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca

    Peran Makerspace di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Pesisir Daerah Istimewa Yogyakarta

    Arina Faila Saufan, Habib Albaar

    Abstract


    Fungsi perpustakaan tidak hanya sebagai tempat menyimpan buku dan berfokus pada pengembangan fisik, tetapi juga berorientasi pada pemberdayaan masyarakat. Kegiatan makerspace di Perpustakaan dapat menjadi salah satu pendekatan efektif kepada pemustaka untuk menciptakan sebuah inovasi dan kreasi bersama. Inilah makna perubahan paradigma perpustakaan ke arah yang lebih baik. Penelitian ini merupakan jenis kajian kualitatif yang bertujuan menganalisis kegiatan makerspace di Perpustakaan Kabupaten Gunungkidul dan menawarkan sebuah model implementasi makerspace berbasis kewirausahaan yang dapat meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat. Peneliti melakukan wawancara kepada beberapa informan secara purposive sampling, yaitu Kepala Perpustakaan dan Pustakawan di Perpustakaan Kabupaten Gunungkidul serta anggota pelatihan membatik yang diselenggarakan perpustakaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan makerspace melalui pelatihan ini mampu memberikan kontribusi berupa lingkungan yang kreatif dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi para anggota. Namun, kegiatan ini masih belum memberikan kontribusi prototyping dikarenakan perpustakaan belum menyediakan referensi dan informasi memadai tentang desain dan motif batik yang banyak diminati pasar. Selain itu, kegiatan pelatihan membatik ini juga mempunyai hambatan, yaitu kurangnya modal dan promosi. Hal ini yang menyebabkan produk batik yang dihasilkan kurang terdistribusi ke berbagai daerah. Akhirnya, pendapatan yang diperoleh para anggota kurang maksimal.  Oleh karena itu, kegiatan membatik yang merupakan kegiatan makerspace perlu didukung oleh komponen-komponen lainnya yang menarik untuk dikaji lebih dalam lagi.


    Full Text:

    PDF

    References


    Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 43, 2007.

    A. Morris, M. Hawkins, J. Sumsion, Value of Book Borrowing from Public Libraries: User Perceptions, Journal of Librarianship and Information Science. 44 (2001).

    G. Lewis, The Contribution of Public Libraries to Countries Economic Productivity: A Path Analysis, Library Review. 53 (2004) 435–441.

    7 Things You Should Know About Makerspacess, (2013). https://net.educause.edu/ir/library/pdf/eli7095.pdf .

    Metropolitan New York Library Council, From Stacks to Hacks: Makerspacess and Librarybox., Metropolitan New York Library Council. (2012). http://metro.org/articles/from-stacks-to-hacksmakerspacess-and-librarybox.

    R. Willet, Making, Makers and Makerspace: A Discourse Analysis of Professional, Journal Articles and Blog Post About Makerspaces in Public Libraries. Madison. Library Qu (2015).

    Singarimbun, dkk, Metode Penelitian Survei, LP3ES, Jakarta, 2008.

    Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2008.

    J. Gerstein, The Maker Movement and The Rebirth of Constructianism. Hybrid Pedagogy, (2014).http://www.hybridpedagogy.com/journal/constructionism-reborn.

    Framework for Student Learning: Competencies for Engaged Thinker and Etichal Citizens with an Enterpreneurial Spirit, (2011).

    http://www.education.alberta.ca/department/ipr/curriculum.aspx.

    M. Fullan, Stratosphere: Integrating Technology, Pedagogy, and Change Knowledge, Don Mills, Ont. : Pearson, Canada, 2013.

    T. Wagner, R.A. Compton, Creating Innovators: The Making of Young People Who Will Change The World (1st Scribner Hardcover ed.), Scribner, New York, 2012.

    T. Good, Three Makerspace Models that Work, American Libraries Magazine. (2013). http://americanlibrariesmagazine.org/wp-content/uploads/2013/01/AmericanLibraries_0113.p.

    E.J. Van Holm, Makerspaces and Contribution to Enterpreneurship., Sosial and Behavior Science. 195 (2015) 24–31. doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.167.

    D. Mahr, A. Lievens, Virtual Lead User Communities: Drivers of Knowledge Creation for Innovation, Research Policy. 4 (2012) 167–177.

    T. Amabile, The Social Psychology of Creativity: A Componential Conceptualization, Journal of Personality and Social Psychology. 45 (1983) 357–368.

    J. Bjork, M. Magnusson, Where do good innovation ideas come from? Exploring the influence of network connectivity on innovation ide quality, Journal of Product Innovation Management. 26 (2009) 662–670.


    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Publisher:
    Central Library
    Sriwijaya University
    Flag Counter