Keterlambatan Pengembalian Buku di Layanan Sirkulasi

Elfi Moralita, Jaswarman Jaswarman

Abstract


Layanan Sirkulasi menyediakan layanan peminjaman buku kepada pemustaka dengan masa peminjaman 1 (satu) minggu. Periode peminjaman dapat diperpanjang hingga 3 (tiga) kali sehingga total durasi pinjaman menjadi 1 (satu) bulan. Namun, dengan periode pinjaman selama satu bulan, masih banyak pemustaka yang terlambat mengembalikan buku pinjaman karena berbagai alasan. Alasan yang diungkapkan oleh pemustaka adalah 1. Lupa 2. Tidak sempat 3. Buku masih dibaca 4. Mudik 5. Hilang 6. Dipinjam teman 7. Lainnya. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui persentase terbanyak alasan pemustaka yang terlambat agar dapat diputuskan solusi yang harus diambil untuk mengurangi angka keterlambatan. Data diperoleh melalui wawancara langsung dan survei dengan kuesioner sederhana kepada pemustaka yang terlambat mengembalikan buku pinjaman.


Full Text:

PDF

References


Cambridge, Cambridge Dictionary, Cambridge Acad. Content Dict. (2019). https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/circulation (accessed March 20, 2019).

P. Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Web. (2019). https://kbbi.web.id/sirkulasi (accessed March 20, 2019).

wikipedia, Library circulation, Www.Wikipedia.Org. (2019). https://en.wikipedia.org/wiki/Library_circulation (accessed March 20, 2019).

J. Reitz, ODLIS: Online Dictionary for Library and Information Science. (2008) 1–733. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:ODLIS+:+Online+Dictionary+of+Library+and+Information+Science#0.

B. Layanan, Laporan Tahunan Bidang Layanan, Palembang, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Central Library
Sriwijaya University
Flag Counter