MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK GROUP EXERCISE
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan siswa terkait dengan rendahnya konsentrasi dalam belajar, seperti pada kemampuan fokus, kemampuan sambutan lisan dan kemampuan sambutan psikomotor. Konsentrasi belajar sangat dibutuhkan siswa, karena konsentrasi merupakan salah satu aspek pendukung siswa untuk mencapai prestasi yang baik. Apabila konsentrasi berkurang maka dalam kegiatan mengikuti pembelajaran di kelas maupun belajar secara pribadi dapat terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa setelah dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik group exercise. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PT-BK) dengan dua siklus. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Shailendra Palembang berjumlah 10 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) Observasi, (2) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian tindakan bimbingan konseling (PT-BK) ini menunjukkan bahwa, melalui bimbingan kelompok dengan teknik group exercise dapat meningkatkan konsentrasi belajar. Peningkatan tersebut diketahui dari peningkatan indikator disetiap siklusnya, pada siklus I kemampuan fokus 50%, cukup baik kemampuan sambutan lisan 40%, cukup baik dan kemampuan sambutan psikomotor 50%, cukup baik sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu, kemampuan fokus 80%, baik kemampuan sambutan lisan 70% baik dan kemampuan sambutan psikomotor 90%, baik.
Full Text:
PDFReferences
Dahlan, M. D. (1987). Latihan Ketrampilan Konseling (Seni Memberikan Bantuan). Bandung: Diponegoro.
Dewi & Rosmana. (2013). Profesionalisasi Guru BK Melalui PTBK. Medan: Unimed Press.
Hakim, Thursan. (2003). Mengatasi Gangguan Konsentrasi. Jakarta: Puspa Swara.
Hartono. (2002). Statisik Untuk Penelitian. Yogyakarta: LSFK2 dan Pustaka Pelajar.
Hidayat dan Badrujaman (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan Konseling. Jakarta: Indeks.
Jacobs, Ed E. Dkk. (2012). Group Counseling: Strateges and Skills. 7th Edition. Belmont, CA: Brook/Cole-Cengange Learning.
Jauhari, “ Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Group Exercise Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Santri,” Jurnal Vol 2 ISSN 2614-2198.
Ramadhaniar. Prana, “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Kelas VIII - 7 Mts N 2 Deli Serdang”. Skripsi, Program bimbingan dan Konseling Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Rusmana, Nandang. (2009). Bimbingan dan Konseling Kelompok Di Sekolah (Metode, Teknik, dan Aplikasi). Bandung: Rizki Press.
Setiani. Amalia Cahya, “Meningkatkan Konsentrasi Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Karang cegak. Kabupaten Purbalingga. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Siagian. Flora Eva, “Pengaruh Minat Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Jurnal Formatif., ISSN 2088-351X.
Suprihatin. Dewi. Dkk, “Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Group Exercise untuk Mengembangkan Resiliensi Siswa”. Jurnal Penelitian Pendidikan. ISSN 1412-565
Syafrina. Syaaf, “Ini Dampak Selalu Mengetik dan Tidak Pernah Menulis Tangan”. (Online). Tersedia;http://female.kompas.com.
DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v9i1.11563
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.