• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • HUBUNGAN KEJENUHAN BELAJAR DALAM JARINGAN DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK | Rozzaqyah | Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling

    HUBUNGAN KEJENUHAN BELAJAR DALAM JARINGAN DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK

    Fadhlina Rozzaqyah

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tingkat hubungan antara kejenuhan belajar dengan prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Sarjana Bimbingan dan Konseling Universitas Sriwijaya. Teknik sampling yang digunakan adalah totaling sampling pada 81 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala kejenuhan belajar dan skala prokrastinasi akademik yang dikumpulkan melalui google form. Analisi data dilakukan dengan menggunakan formula Pearson Product Moment pada aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi rxy = 0,719 yang artinya kejenuhan belajar dalam jaringan memiliki hubungan positif yang kuat dengan prokrastinasi akademik mahasiswa di mana semakin tinggi kejenuhan belajar maka semakin tinggi prokrastinasi akademik.

    Keywords


    Kejenuhan Belajar; Prokrastinasi akademik; Pembelajaran dalam jaringan

    Full Text:

    PDF

    References


    Abdi Zarrin, S., Gracia, E., & Paixão, M. P. (2020). Prediction of academic procrastination by fear of failure and self-regulation. Educational Sciences: Theory and Practice, 20(3), 34–43. https://doi.org/10.12738/jestp.2020.3.003

    Aditia, O. (2020). Penerapan Media Google Classroom Di Era Pandemi Covid 19 Pada Pembelajaran Pai. Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, 1(1), 17–36. https://jequi.ridwaninstitute.co.id/index.php/jequi/article/view/18

    Balkis, M. (2013). The Relationship between Academic Procrastination and Students’ Burnout. Hacettepe Üniversitesi E?itim Fakültesi Dergisi, 28(28–1), 68–78.

    Chudari, I. N., & Fatihaturosyidah. (2019). Mengenal Prokrastinasi Akademik. DIDAKTIS 4: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2019, 4, 77–82. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/1208

    Kumasela, G. P., Saerang, J. S. M., & Rares, L. (2013). Hubungan Waktu Penggunaan Laptop Dengan Keluhan Penglihatan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal E-Biomedik, 1(1). https://doi.org/10.35790/ebm.1.1.2013.4361

    Muhtadi, A. (2005). Menciptakan Iklim Kelas (Classroom Cumate) Yang Kondusif Dan Berkualitas Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(2), 1–10.

    Ocal, K. (2016). Predictors of academic procrastination and university life satisfaction among Turkish sport schools students. Educational Research and Reviews, 11(7), 482–490. https://doi.org/10.5897/err2016.2645

    Pratitis, N. T., Suroso, S., Cahyanti, R. O., & Sa’idah, F. L. S. (2021). Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.3953

    Rafiudin, M. (2020). Hubungan Kejenuhan Belajar Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020.

    Stoeber, J., Childs, J. H., Hayward, J. A., & Feast, A. R. (2011). Passion and motivation for studying: Predicting academic engagement and burnout in university students. Educational Psychology, 31(4), 513–528. https://doi.org/10.1080/01443410.2011.570251

    Winahyu, dyah M. K. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Dan Student Brnout Dengan Prokrastinasi Akademik Sswa Kelas XI SMA NEGERI 3 Sidoarjo. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 102–109. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/32026

    Yosef, & Rozzaqyah, F. (2021). Character Education via Guidance and Counseling Service During Covid-19 Pandemic. 513, 402–407. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.137

    Yudiawan, A. (2020). BELAJAR BERSAMA COVID 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.64

    Zahra, A. S., & Wijayanti, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Basis Online Di Iain Tulungagung Dengan Adanya Kebijakan Physical Distancing Era Pandemi Covid 19. Geram (Gerakan Aktif Menulis), 8(1), 83–89.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v8i1.14373

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     


    Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
    diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
    FKIP Universitas Sriwijaya
    Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
    Palembang-Indonesia
    Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
     
     
    Lisensi Creative Commons
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Flag Counter