Minat Mengikuti Pelatihan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realitas Pada Guru Bimbingan dan Konseling
Abstract
Minat merupakan keinginan yang tinggi terhadap sesuatu, rasa suka, kecenderungan seseorang dalam memperhatikan sesuatu yang diminatinya tersebut. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat guru bimbingan dan konseling dalam mengikuti pelatihan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas . Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini ada 24 guru bimbingan dan konseling SMP/MTS dan SMA/SMK di Indralaya Ogan Ilir. Penelitian ini meggunakan metode deskriptif kuantitatif, data diambil menggunakan kuesioner (angket) tentang minat guru bimbingan dan konseling dalam mengikuti pelatihan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas. Angket disebarkan melalui google form yang dibagikan melalui grup whatsapp pelatihan. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat guru bimbingan dan konseling dalam mengikuti pelatihan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas berada pada kategori tinggi 25%, kategori sedang 71%, dan kategori rendah 4%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru bimbingan dan konseling berminat dalam mengikuti pelatihan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Pt.Rineka Cipta
Asim, N. A. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Pendekatan Realita Terhadap Ketahanan Diri Siswa Smp Negeri 35 Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Medan).
Daud, A. (2019). Penanganan Masalah Konseli Melalui Konseling Realitas. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 5(1), 80-91.
El Fiah, R., & Anggralisa, I. (2015). Efekitvitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Kesulitankomunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X Man Krui Lampung Barat Tp 2015/2016. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 2(2), 43-56.
Emiliana, O. (2019). Pelaksanaan Konseling Kelompok Pendekatan Realita Strategi Wdep Pada Kasus Disiplin Diri Rendah Empat Siswa Kelas Viii Di Smp ‘X’. Psiko Edukasi, 17(1), 69-79.
Ferdialdo, K. (2018). Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realitas Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas Viii Smp Pgri 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Harlinawati, F. D. (2016). Penerapan Konseling Kelompok Realita Dengan Teknik Wdep Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Semen Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Fkip). Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.
Hasanah, Qomarul. (2016). Pengunaan Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma 2 Menggala Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi: Universitas Lampung.
Hidayatun, D., Deskoni, D., & Koryati, D. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Peserta Didik Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Di Sma Negeri 2 Oku.(Doctoral Dissertation, Sriwijaya University).
Febrianto, B., & Ambarini, T. K. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Realita Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Klien Permasyarakatan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1), 132-145.
Fiah, El Rifda. 2016. Evektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X Man Krui Lampung Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Lampung : Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Vol. 1, No.1.
Khabib, F. L. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Realita Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Lubis,N. L. (2011). Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta : Kencana.
Prayitno Dan Erman. A. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta : Pt Rineka
Cipta.
Putri, N. S. (2019). Konseling Kelompok Dengan Terapi Realita Dalam Menurunkan Prokrastinasi Akademik. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 6(1), 49-56.
Seriwati, S. (2018). Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 56-60.
Siska, W. (2021). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realitas Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Ma Muhammadiyah Sukarame. (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Sofah, R. Dan Ratna S. D. (2019). Pendekatan Utama Konseling. Palembang : Amanah. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.Bandung : Alfabeta.
Susanti, T. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Realita Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Di Kelas Xi Man 1 Langkat (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Sri, A. (2016). Upaya Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realitas Pada Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sungai Raya (Doctoral Dissertation, Ikip Pgri Pontianak).
Tarigan, R. R. P. (2016). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Realita Terhadap Perilaku Bolos Siswa Kelas X Sma Negeri I Sibolangit Ta 2015/2016 (Doctoral Dissertation, Unimed).
Triyadi, R., Rakhmawati, D., & Hartini, T. (2020). Upaya Mereduksi Prokrastinasi Akademik Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 27-32.
Ulfia, E. (2018). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Pendekatan Realitas Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas Vii Mts Hasanuddin Kupang Teba Teluk Betung Tahun Ajaran 2017/2018. (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v6i2.18671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.