PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP SIKAP SALING MENGHARGAI SISWA DALAM BERGAUL DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PALEMBANG

Akidah Utama

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap sikap saling menghargai siswa dalam bergaul dengan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palembang. Subjek penelitian ini sebanyak 10 orang siswa yang menunjukkan sikap saling menghargai rendah. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Penelitian eksperimen ini menggunakan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi tentang sikap saling menghargai siswa yang telah diuji tingkat validitas dan reabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap saling menghargai siswa setelah diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap sikap saling menghargai siswa dalam bergaul dengan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palembang.

 

Kata Kunci : Saling Menghargai, Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v4i1.8070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter