HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 13 PALEMBANG

Fitri Afra Nurhuda, Harlina Harlina, Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 13 Palembang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 341 siswa kelas VII SMP Negeri 13 Palembang.  Sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala kecerdasan emosi dan dokumentasi daftar nilai rapor matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan rumus pearson product moment. Hasil analisis data dari penelitian ini diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,77 pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh  lebih besar dari  0,77 > 0,18) artinya terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 13 Palembang. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan terdapat hubungan positif signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 13 Palembang. Angka koefisien korelasi positif (+) menunjukkan adanya hubungan yang searah yaitu semakin tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki siswa maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi yang dimiliki siswa maka semakin rendah prestasi belajar matematika siswa.

Keywords


kecerdasan emosi, prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asna, Andriani. (2014). Kecerdasan Emosi (Emotional Quotient) Dalam Peningkatan Prestasi Belajar. Vol 02, No 01. 459-472.

Defilia, Muslimin. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Hasil Belajar IPA. ISSN 23383240.

Dimyanti dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Hakim, Thursan. (2011). Belajar secara Efektif. Jakarta: PT Niaga Swadaya.

Effendi, Ferry. (2009). Teori dan Praktik Keperawatan. Jakarta: PT Salemba Medika.

Habsari, Sri. (2005). Bimbingan & Konseling SMA. Jakarta: Grasindo.

H. Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Jannah, Miftahul. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar. ISSN: 2443-1435.

Sugilar. (2012). Pendidikan Matematika & Matematika. Volume 1, No 5.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v5i2.8473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter