• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 13 PALEMBANG | Nurhuda | Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling

    HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 13 PALEMBANG

    Fitri Afra Nurhuda, Harlina Harlina, Syarifuddin Syarifuddin

    Abstract


    Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 13 Palembang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 341 siswa kelas VII SMP Negeri 13 Palembang.  Sampel dalam penelitian ini berjumlah 77 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala kecerdasan emosi dan dokumentasi daftar nilai rapor matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan rumus pearson product moment. Hasil analisis data dari penelitian ini diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,77 pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh  lebih besar dari  0,77 > 0,18) artinya terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 13 Palembang. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan terdapat hubungan positif signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 13 Palembang. Angka koefisien korelasi positif (+) menunjukkan adanya hubungan yang searah yaitu semakin tinggi kecerdasan emosi yang dimiliki siswa maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi yang dimiliki siswa maka semakin rendah prestasi belajar matematika siswa.

    Keywords


    kecerdasan emosi, prestasi belajar matematika

    Full Text:

    PDF

    References


    Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

    Asna, Andriani. (2014). Kecerdasan Emosi (Emotional Quotient) Dalam Peningkatan Prestasi Belajar. Vol 02, No 01. 459-472.

    Defilia, Muslimin. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Hasil Belajar IPA. ISSN 23383240.

    Dimyanti dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

    Hakim, Thursan. (2011). Belajar secara Efektif. Jakarta: PT Niaga Swadaya.

    Effendi, Ferry. (2009). Teori dan Praktik Keperawatan. Jakarta: PT Salemba Medika.

    Habsari, Sri. (2005). Bimbingan & Konseling SMA. Jakarta: Grasindo.

    H. Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

    Jannah, Miftahul. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar. ISSN: 2443-1435.

    Sugilar. (2012). Pendidikan Matematika & Matematika. Volume 1, No 5.

    Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v5i2.8473

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

     


    Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
    diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
    FKIP Universitas Sriwijaya
    Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
    Palembang-Indonesia
    Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
     
     
    Lisensi Creative Commons
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Flag Counter