PEMANFAATAN SENI PERTUNJUKAN DULMULUK DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 PALEMBANG

Novi Lestari, Yosef Yosef, Rahmi Sofah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan seni pertunjukan Dulmuluk terhadap perkembangan kepercayaan diri peserta didik sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk one group pretest-posttest design. Jumlah sampel sebanyak sepuluh orang. Analisis berdasarkan output test statistik melalui uji wilcoxon, diketahui bahwa thitung bernilai 0.005. Karena nilai 0.005 lebih kecil dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya terdapat perbedaan antara hasil pretest dan post test sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan seni pertunjukan Dulmuluk dalam bimbingan kelompok dapat digunakan untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik.


Keywords


Bimbingan Kelompok, Kepercayaan Diri, Dulmuluk

Full Text:

PDF

References


Angelis, Barbara. 2003. Canfidance (percaya diri). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Amri, Nur Alim. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran 1 (2)

Ariyadi, Tia, Dini Rakhmawati & Ismah. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Denganmetode Role Playing Terhadap Pengembangan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP N 2 Gajah. Jurnal Seminar Nasional BK FIP-UPGRIS 230-238

Azwar, Saifuddin. 2006. Penyusunan Skala Psikologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Blachnio, A., Waremko, M. (2011). Academic Cheating is Contagious: the Influence of the Presence of Others on Honesty. a Study Report. International Journal of Applied Psychology Vol. 1, No. 1 halaman 14-19

Joyce, Bruce, Marsha Weil & Emily Cathoun. (2009). Models of Teaching : Model-Model Pengajaran Edisi Delapan terjemahan Achmad Fawaid & Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Montemayor, R. (1986). Family variation

Enung fatimah 2006 Psikologi Perkembangan (Prkembangan Peserta Didik) Bandung: CV Pustaka Setia

Fatchurahman, M. & Herlan Pratikto. (2012). Kepercayaan Diri,

Kematangan Emosi, Pola Asuh Orang Tua. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia 1 (2):77-87

Fiorentika, K. Djoko B., & Irene M. (2016). Keefektifan Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling 1 (3): 104-111

Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Puspa Swara.

Hurlock, E.B. 2005. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Komara, Indra Bangkit. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Universitas Ahmad Dahlan 5 (1)

Nikmah, Lailatul. (2017). Efektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan

Percaya Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Kediri. Skripsi. Kediri: Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri

Prayitno & Amti Erman. 2005. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung. Mandar Maju Sugiyono. 2004. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Silbermen, L. Melvin. 2011. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia

Sudjana, Nana, dkk. 2010. Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, H. 2007. Percaya Diri Itu Penting. Jakarta : Gramedia.

Tohir, Dani. 2015. Program Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Peningkatan

Kepercayaan Diri Siswa. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Utami, Rafida Wahyu Tri, Moh Hanafi & Pramono Giri Kriswoyo. (2017).

Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Percaya Diri

Pada Anak Usia Pra Sekolah (4-5 Tahun) Di Pendidikan Anak Usia Dini

Insan Harapan Klaten. The Soedirman Journal of Nursing 12 (02)

Winarlin, R. Blasius B., & Widada. (2016). Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling 1 (2): 68-73




DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v5i2.8474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter