PEMANFAATAN SENI PERTUNJUKAN DULMULUK DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan seni pertunjukan Dulmuluk terhadap perkembangan kepercayaan diri peserta didik sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk one group pretest-posttest design. Jumlah sampel sebanyak sepuluh orang. Analisis berdasarkan output test statistik melalui uji wilcoxon, diketahui bahwa thitung bernilai 0.005. Karena nilai 0.005 lebih kecil dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya terdapat perbedaan antara hasil pretest dan post test sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan seni pertunjukan Dulmuluk dalam bimbingan kelompok dapat digunakan untuk mengembangkan kepercayaan diri peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angelis, Barbara. 2003. Canfidance (percaya diri). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Amri, Nur Alim. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran 1 (2)
Ariyadi, Tia, Dini Rakhmawati & Ismah. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Denganmetode Role Playing Terhadap Pengembangan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP N 2 Gajah. Jurnal Seminar Nasional BK FIP-UPGRIS 230-238
Azwar, Saifuddin. 2006. Penyusunan Skala Psikologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Blachnio, A., Waremko, M. (2011). Academic Cheating is Contagious: the Influence of the Presence of Others on Honesty. a Study Report. International Journal of Applied Psychology Vol. 1, No. 1 halaman 14-19
Joyce, Bruce, Marsha Weil & Emily Cathoun. (2009). Models of Teaching : Model-Model Pengajaran Edisi Delapan terjemahan Achmad Fawaid & Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Montemayor, R. (1986). Family variation
Enung fatimah 2006 Psikologi Perkembangan (Prkembangan Peserta Didik) Bandung: CV Pustaka Setia
Fatchurahman, M. & Herlan Pratikto. (2012). Kepercayaan Diri,
Kematangan Emosi, Pola Asuh Orang Tua. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia 1 (2):77-87
Fiorentika, K. Djoko B., & Irene M. (2016). Keefektifan Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling 1 (3): 104-111
Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Puspa Swara.
Hurlock, E.B. 2005. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Komara, Indra Bangkit. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Universitas Ahmad Dahlan 5 (1)
Nikmah, Lailatul. (2017). Efektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan
Percaya Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Kediri. Skripsi. Kediri: Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri
Prayitno & Amti Erman. 2005. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung. Mandar Maju Sugiyono. 2004. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Silbermen, L. Melvin. 2011. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia
Sudjana, Nana, dkk. 2010. Penelitian dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surya, H. 2007. Percaya Diri Itu Penting. Jakarta : Gramedia.
Tohir, Dani. 2015. Program Bimbingan Pribadi Sosial Untuk Peningkatan
Kepercayaan Diri Siswa. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Utami, Rafida Wahyu Tri, Moh Hanafi & Pramono Giri Kriswoyo. (2017).
Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Percaya Diri
Pada Anak Usia Pra Sekolah (4-5 Tahun) Di Pendidikan Anak Usia Dini
Insan Harapan Klaten. The Soedirman Journal of Nursing 12 (02)
Winarlin, R. Blasius B., & Widada. (2016). Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling 1 (2): 68-73
DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v5i2.8474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.