Siklus Hidup Perusahaan dan Kendala Keuangan

Felicia Ongkarina, Pingky Pingky, Violin Erina Natalia, Rita Juliana

Abstract


Tujuan penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara siklus hidup perusahaan dan kendala keuangan.

Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini menggunakan sensitivitas arus kas investasi untuk mengukur kendala keuangan, dimana untuk setiap penambahan $1 arus kas, perusahaan dapat mengalokasikannya ke dalam enam channel: 1) Meningkatkan kepemilikan kas perusahaan (), 2) Berinvestasi pada working capital perusahaan (), 3) Berinvestasi pada aset tetap ( 4) Melunasi hutang perusahaan (, 5) Membeli kembali saham (, dan 6) Mendistribusikan dividen kepada pemegang saham (.

Temuan – Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan pada tahap jatuh tempo cenderung memiliki sensitivitas arus kas investasi yang lebih tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa sensitivitas arus kas-investasi bukan merupakan indikator yang tepat untuk menentukan kendala keuangan.

Keterbatasan penelitian – Penelitian ini menggunakan 538 perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2007 hingga 2008

Originality/value – Dalam penelitian ini sensitivitas arus kas-investasi digunakan sebagai indikator untuk mengukur kendala keuangan.

 

Keywords : Kendala keuangan, siklus hidup perusahaan, sensitivitas arus kas-investasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v17i4.11222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats