The Influence of Brand Positioning and Integrated Marketing Communication on Brand Equity and The Students’ Decisions in Choosing of Palembang Tourism Polytechnic

Febriyeni Febriyeni, Zakaria Wahab, Muchsin Saggaf Shihab

Abstract


Tujuan penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh posisi merek dan integrated marketing communication terhadap keputusan memilih mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang baik secara langsung maupun dimediasi oleh brand equity.

 

Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini dilakukan di Politeknik Pariwisata Palembang. Populasi penelitian merupakan seluruh mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang berjumlah 858 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 205 mahasiswa dari karakteristik responden laki - laki dan perempuan, program studi pengelola konvensi dan acara, seni kuliner, tata hidang, divisi kamar dan karakteristik semester 1-2, 3-4 dan 5-6.

 

Temuan – Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand positioning memiliki pengaruh positif terhadap brand equity. Integrated Marketing Communication berpengaruh positif terhadap brand equity.

 

Keterbatasan penelitian – Penelitian ini hanya menggunakan variabel brand positioning, integrated marketing communication, dan brand equity. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah variabel baru misalnya perilaku mahasiswa yang dipengaruhi oleh factor budaya, sosial dan pribadi.

 

Originality/value – Penelitian ini fokus pada peningkatan nilai brand equity Politeknik Pariwisata Palembang yaitu situs Web dan media sosial yang sudah terbentuk.

 

Keywords: Brand positioning, integrated marketing communication, brand equity, the students decision making.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v17i3.11900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats