Peran Responsiveness Chatbot Artificial Intelligence Dalam Membentuk Customer Satisfaction

Yudha Nugraha, Yolanda Masnita, Kurniawati Kurniawati

Abstract


Tujuan Penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peran responsiveness chatbot artificial intelligence dalam membentuk customer satisfaction

 

Desain/Metodologi/Pendekatan – Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar terhadap 260 responden. Analisa structural equation modeling menggunakan Amos.

 

Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsiveness chatbot berpengaruh terhadap extrinsic value, intrinsic value, dan online convenience. Selanjutnya extrinsic value dan online convenience berpengaruh terhadap costumer satisfaction, sedangkan intrinsic value tidak berpengaruh.

 

Keterbatasan Penelitian – Penelitian ini hanya meneliti hanya meneliti terhadap beberapa faktor yang mempengaruhi customer satisfaction dalam penggunaan chatbot untuk berinteraksi dengan perusahaan, jumlah sampel yang terbatas, dan sampel hanya berasal dari beberapa kota.

 

Originality/Value – Penelitian ini adalah penelitian pertama yang meneliti mengenai peran responsiveness chatbot artificial intelligence dalam membentuk customer satisfaction

 

Key Word – Responsiveness, extrinsic value, intrinsic value, online convenience, dan customer satisfaction.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v20i3.18528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats