• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • Analisis Business Model Canvas Produk Custom (Studi Pada Atehouse Wedding Hampers Kota Bandung) | Paramita | JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA

    Analisis Business Model Canvas Produk Custom (Studi Pada Atehouse Wedding Hampers Kota Bandung)

    Ayu Paramita, Tasya Aspiranti, Hendrati Dwi Mulyaningsih

    Abstract


    Tujuan Penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi bisnis Atehouse Wedding Hampers Kota Bandung saat ini (existing) dengan Business Model Canvas, serta menganalisis strategi yang akan dilakukan bisnis tersebut.

    Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan wawancara, didukung dengan observasi dan dokumentasi. Wawancara pada penelitian dilakukan kepada pengelola dan konsumen Atehouse Wedding Hampers. Sedangkan observasi dan dokumentasi dilakukan terhadap bisnis Atehouse Wedding Hampers. Penelitian ini menggunakan teknik analisis konten untuk menganalisis berbagai data yang diperoleh, baik dari hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi.

    Temuan – Berdasarkan berbagai data dan analisis yang dilakukan oleh penulis, diperoleh hasil berupa Business Model Canvas eksisting, analisis SWOT, matriks SWOT, serta strategi bagi Atehouse Wedding Hampers. Atehouse Wedding Hampers perlu menerapkan strategi pada setiap blok Business Model Canvas. Beberapa strategi tersebut diantaranya adalah memperluas target konsumen luar kota atau negeri, menambah jenis dan variasi produk, menyediakan produk ready stock, menambah layanan pengantaran, memaksimalkan media sosial untuk berkomunikasi dengan konsumen dan menambah penggunaan platform lain, memanfaatkan modal dan tabungan untuk pengembangan bisnis, memperluas link dan membuka diri untuk bekerja sama dengan berbagai vendor, membuat lembar perjanjian kerjasama, serta membuat laporan keuangan yang lebih baik, tertata dan profesional.

    Keterbatasan Penelitian – Penelitian ini terbatas dan khusus pada bisnis Atehouse Wedding Hampers karena merupakan studi kasus.

    Originality/Value – Terdapat kesenjangan antara teori dengan realitanya. Kesenjangan tersebut didapatkan ketika membandingkan kondisi di lapangan dengan perspektif teori Business Model Canvas.

    Keywords : Business Model Canvas; Industri Kreatif; Analisis SWOT.


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v20i4.19360

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.



    Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
    Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
    Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
    Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
    Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


    p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    View My Stats