Pengaruh Program Kesejahteraan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Pada Rsud Simpang Lima Gumul
Abstract
Tujuan penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh program kesejahteraan pegawai terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja pada pegawai (back office) Rumah Sakit Umum Daerah Simpang Lima Gumul
Desain/Metodologi/Pendekatan – Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Rumah Sakit Umum Daerah Simpang Lima Gumul. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling, sampel pada penelitian ini adalah 100 orang. Variabel-variabel yang dipakai dalam menyusun pernyataan diantaranya variabel tentang program kesejahteraan pegawai, kepuasan kerja dan juga kinerja pegawai dengan skala Likert 1-5. Kuisioner ini dibagikan kepada responden yaitu pegawai back office Rumah Sakit Simpang Lima Gumul baik pegawai tetap dan pegawai kontrak yang bekerja diatas 1th. Pembagian Link Google Form dilakukan oleh pihak Diklat Rumah Sakit Simpang Lima Gumul yang sebelumnya sudah berkoordinasi dengan peneliti tentang bagaimana mekanisme pengisian dan batas waktu pengisian. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan menggunakan program SPSS
Temuan – Pada penelitian ini diketahui bahwa 1) program manfaat ekonomi tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja, 2) program manfaat fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan kerja, 3) program manfaat ekonomi berpengaruh terhadap kinerja pegawai, 4) program manfaat fasilitas berpengaruh terhadap kinerja pegawai, 5) Program manfaat ekonomi secara tidak langsung memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderasi, 6) Program manfaat fasilitas secara tidak langsung memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderasi, 7) kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai
Keterbatasan penelitian – Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu: 1) penelitian ini hanya menggunakan variabel program kesejahteraan pegawai, kepuasan kerja, dan kinerja pegawai, sehingga untuk penelitian selanjutnya diharapkan adanya penambahan variabel-variabel seperti moral pegawai, komitmen organisasi, turnover pegawai dan lain-lainya.
Originality/value – Penelitian ini menggunakan kepuasan kerja sebagai variabel moderasi dan kinerja pegawai sebagai variabel terikatnya sehingga penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya.
Keywords : program manfaat ekonomi, program manfaat fasilitas, kepuasan kerja, kinerja pegawai
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v20i4.19557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230
p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.