Faktor Penentu Kepuasan Kerja Karyawan Sektor Jasa Perhotelan di Masa Pasca-COVID-19 di Indonesia

Sigit Purwanto

Abstract


Tujuan penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan perhotelan di Indonesia pada masa pandemi COVID-19
Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 145 karyawan hotel di kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia, disurvei dengan menggunakan kuesioner online. Data primer yang terkumpul diolah dengan structual equation modeling (SEM). Temuan – Analisis data menunjukkan bahwa jam kerja, gaji, dan lingkungan kerja berdampak positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai hotel.  Keterbatasan penelitian – Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, yaitu cakupan populasi yang terbatas pada karyawan di sektor jasa atau perhotelan sehingga membuka peluang untuk mengembangkan konteks penelitian. Penelitian ini juga belum mengeksplor lebih jauh variabel-variabel penting dalam meningkatkan kepuasan kerja. Originality/value – Temuan menyoroti bidang penting dan arah untuk penyelidikan lebih lanjut dari kepuasan kerja. Bagi para praktisi, penelitian ini menawarkan wawasan berharga tentang promosi kepuasan kerja karyawan yang berkelanjutan dan efektif. Keywords : Kepuasan kerja, Jam kerja, Gaji, Lingkungan kerja, Sektor perhotelan, SEM-PLS 

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v21i1.20052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats