Pengaruh Persepsi dan Minat Terhadap Keberadaan Baitul Mal Wattamwil (BMT) di Kota Palembang

Yulia Hamdaini, Ahmad Syatiri

Abstract


Tujuan Penelitian adalah 1) Mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberadaan BMT di Kota Palembang 2) Mengetahui minat masyarakat terhadap BMT 3) Mengetahui pengaruh persepsi dan minat masyarakat terhadap BMT. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Variabel yang digunakan adalah variabel persepsi nilai keutamaan, persepsi nilai etika, persepsi nilai spiritualitas, variabel minat dan variabel keberadaan BMT. Teknik analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil temuan menunjukkan bahwa 1) Masyarakat memandang BMT dapat membantu usaha kecil, membantu mereka terbebas dari rentenir, dan produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan. Namun, persepsi nilai etika dan persepsi nilai spiritual tidak memberikan pengaruh terhadap keberadaan BMT, BMT yang juga sebagai jasa keuangan syariah justru sebagian besar masyarakat tidak mengenal (kesadaran merek belum terbangun) 2)Minat masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap keberadaan BMT, mereka bersedia memberikan rekomendasi dan informasi kepada teman sejawat dan keluarga untuk bergabung menjadi bagian dari mitra BMT 3) variabel persepsi nilai keutamaan dan variabel minat secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap keberadaan BMT.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29259/jmbs.v14i3.3993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS)
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km. 32
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya
Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
Email: jmbs@unsri.ac.id, Tel/Fax : (0711) 580230


p-ISSN: 1412-4521, e-ISSN 2685-0885


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats