STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI KATO NAN AMPEK PADA PROGRAM PAKET C
Abstract
Penerapan strategi yang tepat dan berdasarkan nilai kearifan lokal masyarakat setempat, sangat penting dalam program pembelajaran Paket C. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam menerapkan nilai-nilai kato nan ampek (kata yang empat) pada program Paket C Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan kajian dan analisis pembahasan, ditemukan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif dalam menerapkan nilai-nilai kato nan ampek sebagai kearifan lokal budaya Minangkabau. Warga belajar lebih aktif dalam pembelajaran dan mereka meyakini bahwa stategi pembelajaran oleh tutor menyenangkan dan menimbulkan kekompakan. Adapun saran dalam penulisan ini adalah agar usaha memperbaharui strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran dalam upaya pembelajaran Paket C terus dilakukan.
Keywords
Cooperative, Jigsaw, Kato Nan Ampek, Package C Progarm
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v7i1.10878
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats