DIMENSI RELIGIUSITAS LANSIA DI DESA LABUHAN MARINGGAI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Dian Sri Andriani, Ardi Saputra, Yulasteriyani Yulasteriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan rutinitas ibadah lansia dan 2) mengetahui hubungan antara religiusitas terhadap kesehatan lansia. Penelitian ini dilakukan di Desa Labuhan Maringgai, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling (sensus), yaitu seluruh lansia yang berada di Desa Labuhan Maringgai sebanyak 73 jiwa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuisioner dengan metode analisis statistik deskriptif, uji korelasi product-moment, uji hipotesis, dan uji besar pengaruh variabel. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 76% lansia sudah rutin melaksanakan ibadah shalat Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya yang disertai dengan zikir. Persentase lansia yang merutinkan baca Al quran sebesar 47%, sedangkan yang menghadiri pengajian di masjid sebesar 50%. Lansia yang belum merutinkan ibadah disebabkan oleh faktor pekerjaan. Diketahui sebesar 44% lansia masih bekerja untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kemudian, berdasarkan hasil uji statistik diketahui adanya hubungan yang positif antara rutinitas ibadah terhadap kebahagiaan lansia. Penduduk lansia yang rutin melaksanakan ibadah merasakan ketenangan secara psikis dan berdampak pada kesehatan jasmani. Adapun lansia yang belum rutin melaksanakan ibadah dalam kehidupan sehai-hari mudah merasakan cemas atas situasi yang dihadapinya. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian dari anggota keluarga dan pemerintah desa untuk mengupayakan kesejahteraan lansia.

Keywords


Religious Routine, Elderly Population, Health

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2018). Permasalahan yang Dialami Lansia dalam Menyesuaikan Diri terhadap Penguasaan Tugas-Tugas Perkembangannya. Islamic Counseling, Vol (2) 2.

Azmi, R., Emilyani, D., Jafar, S. R., Sumartini, N. P. (2021). Hubungan Religiusitas dengan Kejadian Depresi Pada Lansia di Balai Sosial Lanjut Usia Mandalika. Bima Nursing, Vol. 2 (2).

Badan Pusat Statistik. (2020). Indeks Pembangunan Manusia. Jakarta: BPS.

. (2021). Kecamatan Labuhan Maringgai dalam Angka 2021. Lampung Timur: BPS.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2019). BKKBN Tingkatkan Kualitas dan Kepedulian terhadap lansia. (Online) https://www.bkkbn.go.id/detailpost/bkkbn-tingkatkan-kualitas-dan-kepedulian-terhadap-lansia, diakses tanggal 05 Februari 2021.

Djamhari, E. A., Ramdlaningrum, H., Layyinah, A., Chrisnahutama, A., Prasetya, D. (2020). Kondisi Kesejahteraan Lansia dan Perlindungan Sosial Lansia di Indonesia. Jakarta: Prakarsa.

Fitriani, M. (2016). Problem Psikospiritual Lansia dan Solusinya dengan Bimbingan Penyuluhan Islam. Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 36 (1).

Madanih, R. (2020). Pengaruh Keagamaan terhadap Kepuasan Hidup Lansia di Jakarta. Khidmat Sosial, Vol. 1 (1).

Manning, L. K. (2013). Navigating Hrdships in Old Age: Exploring the Relationship between Spritiuality and Resilience in Later Life. Sage Journals, Vol. 23 (4).

Nadjib, E. A. (2003). Cahaya Maha Cahaya. Cetakan ke sembilan. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Naftah, A. R., dkk. (2017). Kesehatan Spriritual dan Kesiapan Lansia dalam Menghadapi Kematian. Buletin Psikologi, Vol. 25 (2).

Salim, E., Adioetomo, S. M. (2015). Dinamika Kependudukan dan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Jakarta: UNFPA.

Satrianegara, M. F. (2014). Pengaruh Religiusitas terhadap Tingkat Depresi, Kecemasan, Stres, dan Kualitas Hidup Penderita Penyakit Kronis di kota Makassar (Kajian Survei Epidemiologi Berbasis Integrasi Islam dan Kesehatan). Kesehatan, Vol. 6 (2).

Trisnawati, D. (2011). Hubungan Aktivitas Religi dengan Tingkat Depresi p ada Lanjut Usia di Panti Sosial Tresna Werda Unit Budi Luhur Yogyakarta. Kesmadaska, Vol. 2 (2).

Vibriyanti, D., Harfina, D., Seftiani, S., Sitohang, M. Y. (2019). Lansia Sejahtera: Tanggung Jawab Siapa? Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Zakiyah & Hasan, I. (2015). Studi Religiusitas Lansia terhadap Perilaku Keagamaan pada Lansia Perumahan Tegal Sari Ledug Kembaran Banyumas. Islamadina, Vol. XV (2).




DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v8i2.15667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

    

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats