PEMANFAATAN PLATFORM GOOGLE BISNISKU PADA PEMASARAN JASA MAKE UP ARTIST OMAH RIAS CANTIKA

ELOK NOVITA, CHRISTINE ULINA TARIGAN

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui : cara, dampak, dan kendala pemanfaatan pemanfaatan Google Bisnisku pada pemasaran jasa make up artist Omah Rias Cantika. Metode sampel yang digunakan adalah  purposive sampling dan teknik pengumpulan data diperoleh dari data primer yang bersumber dari wawancara dan observasi serta data sekunder yang bersumber pada riset kepustakaan dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulanJenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pemanfaatan platform Google Bisnisku  sebagai sarana pemasaran jasa Make up artist di Omah Rias Cantika milik Program Studi D4 Tata Rias dan Kecantikan, Universitas Negeri Yogyakarta yang dilakukan pada bulan April – Agustus 2020. Lokasi yang digunakan untuk menerapkan platform Google Bisnisku  adalah Unit Usaha Kecantikan Omah Rias Cantika milik Program Studi D4 Tata Rias dan Kecantikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unit usaha Omah Rias Cantika menggunakan Platform Google Bisnisku bermanfaat sebagai sarana promosi dengan baik. Konten yang dipromosikan berupa informasi dan kegiatan terkait jasa make up artist. Fitur-fitur Google Bisnisku  hampir seluruhnya dimanfaatkan oleh Omah Rias Cantika. Dampak yang diperoleh melalui promosi adalah bertambahnya pengunjung dan kerjasama antara unit usaha Omah Rias Cantika dengan unit usaha berbasiskan kecantikan lainnya, diantaranya: saling mention akun Omah Rias Cantika dengan akun Google Bisnisku lainnya untuk saling mempromosikan dan mention bila terdapat program promo make up. Kendala yang disebabkan wabah COVID 19 adalah Omah Rias Cantika belum mendapatkan konsumen yang valid dan adanya potensi kejahatan elektronik seperti peretas akun.


Keywords


Google Bisnisku, Make up, Pemasaran Jasa, Omah Rias

Full Text:

PDF

References


Achmad Sanusi. 2008. Studi Sosial di Indonesia. Bandung: Badan Penerbit IKIP. Bandung.

Astuti, S, dan T. Sukardi. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemandirian untuk Berwirausaha pada Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi No.3 Volume (3): 334–46.

Kautsarina. 2013. Pemasaran Elektronik Melalui Aplikasi Jejaring Sosial. Jurnal Studi Komunikasi dan Media Volume 17(2). 135-148.

Safitri, Tria, Yulius, Hatammimi, Juryy. 2014. Analisis Faktor- Faktor yang Memotivasi Wanita Berwirausaha melalui Bisnis Online (Studi pada Mahasiswa Sekolah Bisnis di Bandung). Jurnal Internal Universitas Telkom Volume (2). 115-119.

Sukirman. 2012. Analisis Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Industri Kecil. Jurnal Dinamika Manajemen Volume 3 (1): 10–18.




DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v9i1.16025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

    

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats