PROSES PEMBELAJARAN PAKET A DI MASA PANDEMI COVID 19 DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KABUPATEN MERANGIN

Uying Hapid Alatas, M Syukurman, Sri Utami

Abstract


Penelitian ini dilator belakangi oleh proses pembelajaran paket Ayang dilakukan di SKB Merangin pada masa pandemi covid 19. Permasalahan dalam pembelajaran pada umumnya yaitu terletak pada metode yang digunakan, terutama pada program paket A dimana usia warga belajar berbeda-beda dan karakteristik warga belajar yang juga berbeda-beda membuat tutor harus tepat dalam memilih metode pembelajaran. Berdasarkan observasi, kegiatan pembelajaran program Paket A di SKB masih banyak dijumpai peserta didik yang berperilaku kurang disiplin banyaknya peserta didik yang datang terlambat peserta didik yang mengikuti pembelajaran program paket A hanya termotivasi untuk sekedar mendapatkan ijazah. Selain itu penggunaan media pembelajaran yang digunakan pada situasi pandemi Covid 19, terhadap rendahnya motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran..Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dalam pengambilan data peneliti menggunakan beberapa tehnik, yaitu: observasi,wawancara dan dokumentasi. Adapun informan penelitian meliputi kepala dan tenaga pendidik di SKB Merangin..Teknik yang digunakan dalam penjaminan keabsahan data adalah tehnik Triangulasi.. Sedangkan untukkendala dalam proses pembelajaran kejar paket A di SKB Merangin, disebabkan masih kuatnya tradisi melangun yang dilakukan warga terutama suku SAD, kurangnya fasilitas berupa ruang kelas atau bangunan untuk tempat belajar dan kurangnya peralatan tulis atau media pembelajaran yang digunakan. Untuk itu diperlukan pemahaman tutor dalam mempersiapkan media pembelajaran yang menarik agar tercipta proses pembelajaran yang menarik dan mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan alat tulis yang diperlukan warga belajar. 


Keywords


Program Paket A, SKB Merangin, Proses Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abdulhak, I. 2000. Strategi Membangun Motivasi Dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung: Andira.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Marzuki, H. M. Saleh. 2012. Pendidikan Nonformal (Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi). Bandung : PT. Remaja.

Marzuki, Saleh. 2010. Pendidikan Nonformal. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Sugiarta, Awandi Nopyan. 2007. Pengembangan Model Pengelolaan Program Pembelajaran Kolaboratif Untuk Kemandirian Anak Jalanan Di Rumah Singgah (Studi Terfokus di RumahSinggak Kota Bekasi). Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, tidak diterbitkan.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo.2013. Pembelajaran Orang Dewasa. Yogyakarta: Venus Gold Press.

Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi PendidikanTenaga Kependidikan, Jakarta: Kencana Predana Media




DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v9i1.17251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

    

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats