MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SENTRA PERSIAPAN DI PAUD MELATI KOTA PARE-PARE
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran berbasis sentra persiapan pada anak usia dini di PAUD Melati SKB Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik dalam pengumpulan data dan instrumen penelitian yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data didefinisikan sebagai suatu proses atau upaya pengolahan data yang terkumpul dapat dianalisis menjadi sebuah informasi baru agar karakteristik data tersebut menjadi lebih dimengerti dan berguna untuk solusi suatu permasalahan. Hasil penelitian ini diterapkan pendekatan duduk melingkar atau biasa disebut BCCT di pembelajaran di PAUD Melati dengan menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif mencakup sebuah pijakan, dengan macam-macam aktivitas bermain serta mengevaluasi proses belajar di tiap sentra yang ada. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan Mengacu kepada 3 kriteria yang telah ditetapkan yaitu teknik analisis data yang digunakan penerapan duduk melingkar atau BCCT di pembelajaran sentra persiapan tidak selaras dengan prosedur dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan . Pelaksanaan pembelajaran dengan model sentra persiapan sudah berjalan sesuai dengan teori pembelajaran sentra, terlihat dari prosedur yang diberikan oleh guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aryanti, N.M.W., Ambara, D.P., Suarni, N.K. (2013) PENERAPAN Model Pembelajaran Bcct (Beyond Center And Circle Time) Berbantuan Media Benda Sederhana Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undikhsa, 1(1)
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Dewi, E. R., Purwanto, E., Wibowo, M. E. (2016). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Play Berbasis Pendekatan BCCT untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa PAUD. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 92-99
Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk). Batam : Interaksa
Hendayani, E. S. (2012). Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Pembelajaran PAUD Seatap Margaluyu Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Empowerment, 1(2), 92-104
Huberman, M. B. M. & A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (2nd ed.). Sage.
Iswantiningtyas , Veny, dan Wulansari, Widi. 2019. Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1), 110-116
Nurhasanah. (2020). Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna. Jurnal Golden Age, 4(1), 167-181
Romini. (2021). Implementasi Model Beyond Center & Circle Time (BCCT) Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 2(2), 219-234
Valentya, E., Danugiri, D., Meilya, I.R. (2022). Kreativitas Tutor Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Di Pos Paud Bonsai Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 9(2), 147-157
Wahyuningsi, D. (2020). Model Pembelajaran Bcct Bagi Anak Usia Dini Sesuai dengan Tahap Perkembangan. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1), 58-69
DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v9i2.17778
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats