PENGELOLAAN SANGGAR DAYANG SANDES DI KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Sri Ulandari Sri, Yanti Karmila Nengsih, Ardi Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Sanggar Dayang Sandes di Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian pengelola, pelatih, dua anggota, dan dua tokoh masyarakat. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Perencanaan dilakukan dengan dilandasi kemampuan dari SDM dimana memiliki pelatih yang berpengalaman, koordinasi antara pengelola dan pelatih dalam menentukan tujuan, memiliki daftar kepengurusan dalam menentukan tanggung jawab, memperhatikan kondisi lingkungan, menentukan program jangka pendek, menengah, dan panjang yang dilaksanakan dengan cara saling menghargai. 2) Pelaksanaan dilakukan dengan beberapa cara yakni: orientasi, perintah, delegasi wewenang, pengendalian produksi, keuangan, pemasaran, teknis dan waktu. 3) Evaluasi dilakukan rutin setelah pelaksanaan kegiatan dan sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Dalam melakukan evaluasi dilakukan dengan cara penilaian, kriteria keberhasilan, dan hasil yang dicapai. Sanggar Dayang Sandes sudah melakukan pengelolaan semaksimal mungkin untuk menghasilkan outcome yang berkualitas walaupun masih terdapat kekurangan pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Untuk itu bagi sanggar yang telah berdiri ataupun peminat yang ingin mendirikan sanggar hendaknya dapat menerapkan pengelolaan yang profesional.


Keywords


Pengelolaan, Pendidikan, Sanggar Dayang Sandes

Full Text:

PDF

References


Feriyanto, A., & Triana, E. S. (2015). Pengantar Manajemen (3 in 1). Kebumen: Media Tera.

Jazuli, M. 2014. Manajemen Seni Pertunjukan Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mustajab, A., & DESAIN, F. S. D. (2013). Sistem Manajemen Sanggar Seni Ambarala Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Novayani. I. (2017). Analisis Kritis Tentang Kebijakan Standar Pengelolaan Pendidikan. Al Musthofa: Jurnal Keilmuan Islam, 1 (01).

Olivia, P. (2018). Deskripsi Pengelolaan dan Pertunjukan Seni Oleh Irfansyah di Sanggar Nusindo Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU). Skripsi. Medan: Universitar Sumatera Utara.

Pitaloka, D.A. (2020). Pengelolaan Sanggar Seni Gulambang di SMK Pembaharuan Purworejo. Skripsi. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Sari, Narulita. (2013). Manajemen Sanggar Seni Santi Budaya di Desa Kepuh Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Pertiwi, T.C., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. (2017). Peranan Sanggar Budaya Bandakh Makhga dalam Pelestarian Nilai Budaya Lampung di Sukadanaham. Jurnal Kultur Demokrasi, 5 (4).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Susanto, N., & Lismadiana, L. (2016). Manajemen Program Latihan Sekolah Sepak Bola (SSB) GAMA Yogyakarta. Jurnal Keolahragaan, 4(1).

Yusup, W. B., Ismanto, B., & Wasitohadi, W. (2019). Evaluasi Program Indonesia Pintar dalam Peningkatan Akses Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 44-53.




DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v9i2.18057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

      

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats