• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • KREATIVITAS TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI POS PAUD BONSAI KABUPATEN KARAWANG | Valentya | Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

    KREATIVITAS TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI POS PAUD BONSAI KABUPATEN KARAWANG

    Enggal Valentya, Dadang Danugiri, Ika Rizqi Meilya

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas tutor dalam mengembangkan media pembelajaran anak usia dini di POS PAUD Bonsai Karawang. Metode yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengelola yang berjumlah 1 orang dan tutor POS PAUD Bonsai yang berjumlah 4 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan indikator yang akan dijelaskan dalam penelitian ini meliputi kelancaran menghasilkan ide, keluwesan mengatasi kendala, kerincian mengembangkan media, dan keaslian menciptakan media. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kreativitas dapat ditinjau ke dalam 4 aspek yaitu kelancaran berpikir, keluwesan berpikir, elaborasi, dan originalitas. Pada penelitian ini dihasilkan terdapat 2 faktor pendukung yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal sendiri yaitu motivasi tutor dalam mengatasi minimnya media pembelajaran yang tersedia di sekolah dan faktor eksternal yakni tutor mengikuti pelatihan tentang media pembelajaran. Akan tetapi, ada beberapa hambatan di antaranya yaitu jumlah tutor yang belum memadai serta kurangnya dukungan orang tua dari peserta didik untuk menyediakan media pembelajaran yang sesuai dengan anak usia dini. Adapun hasil dari kreativitas tutor yaitu memanfaatkan media yang dibuat dari bahan-bahan di sekitarnya sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Peserta didik juga termotivasi dalam mengikuti pembelajaran hingga akhir.


    Keywords


    Kreativitas Tutor, Media Pembelajaran, Anak Usia Dini

    Full Text:

    PDF

    References


    Abdullah, R. (2016). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Jurnal Lantanida, 4(1), 37-49.

    Ating, & Santika, T. (2021). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Finger Painting Pada Kelompok A Di Pos PAUD Anggrek Kecamatan Rawamerta Kabupaten Karawang. Jurnal of Community Education, 21-26.

    Fadlillah, M. (2019). Desain pembelajaran PAUD : tinjauan teoritik & praktik. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

    Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Media Publishing.

    Hasnida. (2011). Media pembelajaran kreatif : mendukung pembelajaran pada anak usia dini. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

    Idris, M. H. (2015). Menjadi pendidik yang menyenangkan dan profesional: implementasi pada pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

    Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

    Mulyasa, E. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

    Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BP Restindo Mediatama.

    Novianti, R. (2011). Asessmen Anak Usia Dini. Pekanbaru: Riau Press.

    Puspitasari, E. (2015). Pengembangan Model Pos PAUD Keliling. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 4(2), 91-96.

    Suhelayanti, Purba, S., Safitri, M., Simarmata, J., Revida, E., Sari, D. C., . . . Muharlisiani, L. T. (2020). Manajemen Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

    Syahril. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Padang: Sukabina Press.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v9i2.18082

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

    Diterbitkan oleh:
    Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
    Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

    Indexed in:

          

      View My Stats

    Flag Counter

    View My Stats