EVALUASI CIPP PADA PROGRAM PENDIDIKAN KOMUNITAS RELAWAN ANAK SUMATERA SELATAN DI KECAMATAN KERTAPATI, KOTA PALEMBANG

Erma Regina Yudicia, Yanti Karmila Nengsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil evaluasi CIPP dalam program pendidikan yang diadakan oleh Komunitas Relawan Anak Sumatera Selatan (RASS) Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua umum, sekretaris umum, relawan pengajar dan peserta didik dalam Program Pendidikan oleh Komunitas Relawan Anak Sumatera Selatan (RASS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Evaluasi konteks, analisa kebutuhan belajar sesuai dengan kebutuhan dan partisipasi warga belajar. Komunitas berhasil mengidentifikasi dan menentukan konteks dalam program pendidikan, hanya saja masih perlu strategi dalam keaktifan dari peserta didik; 2) Evaluasi masukan, kemampuan komunitas dalam menyediakan sumber belajar dan merencanakan sumber belajar cukup baik. Namun, dari segi perencanaan pendanaan perlu dikaji lagi untuk sumber dana tetap; 3) Evaluasi proses, dalam pelaksanaan pembelajaran pada program harus ditegaskan kembali tentang pengadaan jadwal yang sifatnya bukan fleksibel, melainkan tersrtuktur baik bagi pengajar maupun peserta didik; 4) Evaluasi hasil, program pendidikan dapat tetap dilanjutkan meskipun masih terdapat beberapa hal dan kebijakan yang masih perlu dikembangkan dan dibenahi seperti komunitas harus segera merancang strategi pendanaan tetap dan pedoman belajar pada program pendidikan yang lebih terarah agar seluruh komponen belajar dapat memaksimalkan fungsinya

Keywords


: Program Pendidikan, Komunitas RASS, Evaluasi CIPP, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27(10).

Annafi, M. F., Idi, A., & Fauzi, M. (2021). PERAN KOMUNITAS RELAWAN ANAK SUMATERA SELATAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PERCAYA DIRI ANAK JALANAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG). Jurnal PAI Raden Fatah, 3(2), 186-200.

Bungin, M. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Creswell, John W., Vicki L. Plano Clark. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods Research.Thousand Oaks: SAGE Publications

Darma, T. S. M. IMPLEMENTASI PEMURIDAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DALAM KELUARGA.

Darodjat, D., & Wahyudhiana, W. (2015). Model evaluasi program pendidikan. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 1-23.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Hayati, N., & Suryono, Y. (2015). Evaluasi keberhasilan program taman bacaan masyarakat dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 175-191.

Hidayatullah, M. N., & Lukmawati, L. (2021). Perilaku Prososial pada Relawan Anak Sumatera Selatan. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(2).

Indonesia, U. U. R. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2019). Penerapan model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program layanan PAUD holistik integratif. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 10-25.

KORAIMA, K., Suleman, Z., & Yanti, M. (2019). AKSI SOSIAL KOMUNITAS RELAWAN ANAK SUMATERA SELATAN (RASS) PADA ANAK JALANAN DI KOTA PALEMBANG (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Lazwardi, D. (2017). Implementasi evaluasi program pendidikan di tingkat sekolah dasar dan menengah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 142-156.

Mah Afifah, N. (2017). Reward dan Punishment bagi Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia MI.

Mahmudi. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6 (1).

McDavid, J.C. & Hawthorn, L.L.R. Program Evaluation and Performance Measurement: an Introduction to Practice. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif.

Ritonga, R., Saepudin, A., & Wahyudin, U. (2019). Penerapan model evaluasi kirkpatrick empat level dalam mengevaluasi program Diklat di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP), Lembang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 12-21.

SAIDAH, M. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 Dengan Menggunakan Model Evaluasi CIPP Di SMA Negeri 1 Kencong.

Saleh. S. (2017). Analisis Data Kualitatif.

SASKINANDA, S. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI RELAWAN ANAK SUMATERA SELATAN DALAM MENGUBAH PERILAKU ANAK JALANAN DI BENTENG KUTO BESAKPALEMBANG (Doctoral dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG).

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi (ed.). 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Jurnal LP3S

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulfemi, W. B. (2019). Modul Manajemen Pendidikan Non Formal.

Syahrir, S., Supriyati, Y., & Fauzi, A. (2021). Evaluasi Dampak Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) melalui model CIPP pada Kinerja Dosen aspek Pembelajaran pada Masa Pendemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v9i2.19189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

      

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats