EVALUASI CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP) PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT TUNAS BANGSA OKU TIMUR

Shomedran Shomedran, Ardi Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Tunas Bangsa dengan menggunakan metode evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pendekatan penelitian menggunakan jenis kualitatif deskripsif, subjek penelitian diambil dari unsur pengelola, tutor dan warga belajar.  Hasil penelitian menjukkan aspek context yakni program yang diselenggarakan sudah cukup sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat, Input program yakni sudah sesuai mencakup masukan sarana, masukan mentah dan masukan lainnya. Sedangkan unsur Process, yakni telah dijalankan pembelajaran dengan didukung materi, jadwal, tutor, serta penilaian yang berkelanjutan. Aspek Product telah menunjukkan bahwa warga belajar dan lulusan telah mengalami peningkatan perilaku, sikap, pengetahuan dan kompetensi yang ditunjukkan sebaran lulusan yang diserap pada dunia kerja.


Keywords


Evaluasi CIPP, PKBM, Paket C

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v10i1.20150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

      

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats