• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI BENTUK DIFERENSIASI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI SPNF SKB KOTA PALEMBANG | Novera | Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

    PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI BENTUK DIFERENSIASI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI SPNF SKB KOTA PALEMBANG

    Diana Novera, Evy Ratna Kartika Waty

    Abstract


    Pengembangan video interaktif pada materi bentuk diferensiasi sosial telah dilakukan dan digunakan pada warga belajar paket C di SPNF SKB Kota Palembang pembelajaran tersebut dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket C dan sebagai media yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data dikumpukan melalui tahapan analisis awal yaitu dengan penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Kelayakan dan kevalidan media dinilai oleh tiga orang ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Analisis yang digunakan yaitu Skala Likert dan Skala Guttman. Implementasi dilakukan melalui dua tahapan yaitu uji coba one to one  pada tiga orang warga belajar dan uji coba small group yaitu pada dua belas orang warga belajar yang bertujuan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan media video interaktif pada materi bentuk diferensiasi sosial ini. Hasil dari penelitian ini yaitu media video interaktif pada materi bentuk diferensiasi sosial yang memperoleh hasil skor dengan jumlah 33 dan persentase 92% dengan kategori sangat layak, dan pada materi jumlah yang diperoleh sebanyak 32 dengan persentase 89% mendapat kategori sangat layak, selanjutnya pada bahasa dengan total 30 dan persentase 83% dengan kategori layak. Berdasarkan validasi para ahli maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan video interaksi pada materi bentuk diferensiasi sosial valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada warga belajar paket C.

    Keywords


    Paket C, pengembangan, video interaktif, warga belajar

    Full Text:

    PDF

    References


    Anggraeni, S. W., dkk. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313-5327.

    Angko. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan. Vol. 1 NO. 1.

    Ayuliandari, F., dan Sylvia, I. (2022). Efektivitas Media Video Animasi dalam Pembelajaran Sosiologi terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Peserta Didik pada SMAN 12 Merangin. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(2), 113-117. Diakses pada 09 September 2022.

    Biassari, I., dan Putri, K. E. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 4, pp. 62-74).

    Cahyani, A., Listiana, I. D., dan Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.

    Dewi, L. I., dan Rimpiati, N. L. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Seting Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1).

    Fadlilah, M. F., dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbatuan Video Interaktif dalam Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 172 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 14-26.

    Farida, C., Destiniar, D., dan Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-66. Diakses pada 07 September 2022.

    Fisabilillah, F. F. N., dan Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Materi Perpajakan di Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1271-1282.

    Gunansyah, G. (2022) Pengembangan Media Video Cerita Animasi Berbasis Inshot Materi Kebersamaan Dalam Keberagaman Saat Pembelajaran Daring Untuk Siswa Kelas 4 Sd. Universitas Negeri Surabaya. JPGSD Volume 10 Nomor 05 Tahun 2022, 1160 – 1170.

    Husain, R. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar Paket C (Studi di SKB Kota Gorontalo). DISERTASI, 5(1228).

    Kasturi, L. I., dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SDN 2 Batujai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 116-122.

    Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45.

    Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Diakses pada 08 Oktober 2022.

    Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.

    Najib, M. A. (2018). Epistemologi Tasawuf Modern Hamka. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 18(2), 303-324.

    Nengsih, Y. K., dkk. (2018). Pengelolaan pembelajaran program paket C pada pusat kegiatan belajar masyarakat dan sanggar kegiatan belajar di Kota Palembang. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 51-60.

    Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232.

    Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.

    Putra, R. A. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1).

    Putri, Y. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Model Problem Based Learning Menggunakan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

    Rahayu, B. (2018). Sosiologi Paket C Tingkatan V Modul Tema 4. Kemdikbud.14-19.

    Saragih, M., dkk. (2021). Penerapan Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Di Sekolah Yabes School Medan. Jurnal Widya, 2(1), 75-82.

    Sudarman, S. W., dan Vahlia, I. (2021). Efektivitas Penggunaan Video Interaktif Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Pada Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 6(2), 202-205.

    Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Penfmbangan Research and Development.Bandung: Alfabeta.

    Suhaenah, E. (2016). Implikasi Pendidikan Kesetaraan Paket C Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Warga Belajar Di SKB Kota Serang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1 (1), 141-165.

    Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 774-783).

    Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59-74.

    Wibawanto, W., dan Ds, S. S. M. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.

    Widiya, A. W., dkk. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Interaktif sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 293-299.

    Wijayanti, R., dan Wasitohadi, W. (2015). Efektivitas Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Berbantu Media Video Interaktif Ditinjau Dari Hasil Belajar Pkn. Satya Widya, 31(1), 54-68.

    Wuryanti, U., dan Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter kerja keras siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).


    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM)

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

    Diterbitkan oleh:
    Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
    Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

    Indexed in:

          

      View My Stats

    Flag Counter

    View My Stats