MENELAAH KUALITAS SOAL UJIAN SEKOLAH BUATAN GURU PADA PENCAPAIAN KELULUSAN SISWA
Abstract
Tujuan guru membuat analisis dari setiap butir soal yang telah diujiankan, agar mendapat kualitas soal yang baik. Disamping itu diharapkan disetiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, seperti Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) sistem pengujian atau lembaga pengujian soal-soal buatan guru, juga ikut mengoreksi soal buatan guru agar nantinya diperoleh kualitas soal yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Hal ini dilakukan untuk menepis sebagian yang selama ini dilontarkan bahwa : soal ujian akhir sekolah yang dipakai oleh guru selama ini tidak pernah dianalisis dan belum diujicobakan terlebih dahulu pada kelompok besar siswa, sehingga pada umumnya taraf reabilitas, taraf validitas, taraf kesukaran dan taraf pembeda item-itemnya belum meyakinkan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v4i2.8213
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats