PENYELENGGARAAN PROGRAM KURSUS MUSIK (STUDI PADA LEMBAGA LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG)
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penyelenggaraan program kursus musik LKP Lily’s Music School Semarang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian adalah tutor/instruktur, warga belajar, pemilik, dan kepala administrasi. Fokus penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program kursus musik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber, teori, dan metode. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan program LKP Lily’s Music School Semarang meliputi:Perencanaan meliputi tutor ahli di bidangnya, kurikulum dibuat sendiri, sarana prasarana memadai, dan anggaran dana dikelola secara ordonator; Pelaksanaan meliputi pembelajaran fleksibel dan sistematis, iklim pembelajaran kondusif, interaksi sosial berlangsung baik, media pembelajaran sesuai kebutuhan, stimulus berupa reward and punishment, monitoring dilakukan secara internal dan eksternal, supervisi belum terealisasi; Evaluasi menggunakan formative-sumative evaluation model.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v4i2.8248
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats