MANAJEMEN PELATIHAN PRASELEKSI PROGRAM PEMAGANGAN KE JEPANG DI LEMBAGA PELATIHAN KERJA JIRITSU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hambatan-hambatan dalam pelatihan praseleksi program pemagangan ke Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) JIRITSU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah pimpinan, instruktur dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pelatihan praseleksi program pemagangan ke Jepang di LPK JIRITSU mulai dari perencanaan yaitu identifikasi kebutuhan yang berdasarkan dari tes seleksi pemagangan ke Jepang. Hasil identifikasi sebagai dasar menetapkan tujuan materi, metode, media, sarana prasarana, sosialisasi, pembiayaan perekrutan peserta didik dan instruktur, pembagian tugas dan koordinasi. Pelaksanaan pelatihan meliputi kegiatan pembelajaran yang terbagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan tingkatan. Penilaian dilakukan secara formatif dan sumatif berupa teori dan praktek. Hambatan pelatihan berasal dari peserta didik dan instruktur.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v4i2.8249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats