VALIDASI TES BUATAN GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN
Abstract
Validasi tes buatan guru merupakan bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Kajian ini bertujuan menilai tes buatan guru Ujian Sekolah (US) bentuk pilihan ganda berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, indeks diskriminasi, efektivitas distraktor. Menilai kompetensi guru dalam membuat Ujian Akhir Sekolah (UAS) Subjek kajian meliputi 60 guru yang mengajar US. Hasil kompetensi tes buatan guru dapat dinyatakan bahwa sebagian besar tes buatan guru mempunyai kriteria validitas masih cukup sebesar 58 persen dan sudah 42 persen yang mempunyai kualitas tinggi. Kajian ini diharapkan memberi informasi yang berguna untuk pembentukan lembaga penjamin mutu yang menjaga kualitas tes semua jenjang sekolah di seluruh Indonesia.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v5i2.8273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats