PROSES PENDAMPINGAN ANAK SOSIOPATIK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MORAL DAN SOSIAL EMOSIONAL (Studi Kasus di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Indralaya)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pendampingan anak sosiopatik di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Indralaya. Subjek dalam penelitian ini merupakan 2 orang pembina panti dan 4 warga binaan yang sedang menjalankan proses pendampingan. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan ialah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Proses pendampingan anak sosiopatik di Panti Sosial Marsudi Putra Dharamapala Indralaya meliputi tahap orientasi, tahap asesmen, tahap pelaksanaan kegiatan, dan tahap terminasi. Adapun materi bimbingan yang diajarkan diantaranya bimbingan mental dan agama, bimbingan sosial, bimbingan keterampilan, dan bimbingan ekstrakulikuler. Pelayanan yang diberikan yaitu pelayanan sandang pangan berupa alat kebutuhan belajar, kebutuhan makan sehari-hari dan pakaian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pendampingan anak sosiopatik di Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala Indralaya sudah cukup baik karena dalam menjalankan proses pendampingan terhadap warga binaan dilakukan pendekatan individu agar warga binaan merasa baik dan nyaman berada didalam panti selama proses rehabilitasi sosial.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v5i2.8276
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia
Indexed in:
View My Stats