KETERAMPILAN TUTOR DALAM PENGELOLAAN KELAS DI LEMBAGA BIMBEL (STUDI KASUS: BIMBEL MOECS PALEMBANG)

Indah Yoslia, Azizah Husin, Imron A Hakim

Abstract


Penelitian ini berjudul Keterampilan Tutor dalam Pengelolaan Kelas di Bimbingan Belajar MOECS Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan tutor dalam pengelolaan kelas di Bimbingan Belajar MOECS Palembang, Subjek pada penilitian ini adalah Tutor dan warga belajar yang ada di Bimbingan Belajar MOECS Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif  disertai catatan-catatan hasil wawancara yang mendalam serta analisis dokumen dari hasil wawancara tersebut. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Interview (wawancara), Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan tutor dalam pengelolaan kelas di Bimbingan Belajar MOECS Palembang  dinyatakan baik. Hal ini terlihat dari usaha tutor untuk dapat memiliki keterampilan: melaksanakan tahap pengajaran dengan baik, menciptakan dan memelihara iklim belajar yang optimal, mengendalikan kondisi belajar berlangsung efektif dan efisien, mengatur peralatan kelas, dan mengatur sosio-emosional.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v5i1.8292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

    

Recomended Tools:

 


View My Stats

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional