PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ECAYO MUSIC KOTA PALEMBANG

Lisa Lestari, Azizah Husin, Evy Ratna Kartika Waty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang meliputi kegiatan awal (apersepsi), kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang digunakan dalam pembelajaran sekolah musik Ecayo. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui proses pembelajaran yang ada di sekolah musik. Populasi peserta didik yang ada di sekolah musik sebanyak 310 peserta didik, teknik sampling yang di gunakan yaitu Proposional Random Sampling, maka sampel yang  diambil sebanyak 15% dari populasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik yang menggunakan instrumen musik yaitu Piano, Keyboard, Biola, Gitar, dan Drum sebanyak 20 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa interaksi antara instruktur dengan peserta didik terjalin dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari 20 peserta didik memiliki tingkat komunikasi kepada Instruktur tergolong tinggi. Kurikulum,  silabus, metode dan materi pembelajaran sekolah musik yang digunakan oleh instruktur berupa metode latihan, dengan cara instruktur memberikan contoh kepada peserta didik lalu peserta didik akan memainkan instrumen musik dan peserta didik diberi kebebasan dalam berkreatif dalam memainkan musik. Hal ini meliputi cara memainkan instrumen musik, mendengarkan melodi, membaca not-not musik dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran ini yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran sudah sesuai dengan prosedur sekolah musik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v5i1.8300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (p-ISSN: 2355-7370) (e-ISSN: 2685-1628).

Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya                       
Jl. Palembang-Prabumulih, Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia

Indexed in:

      

  View My Stats

Flag Counter

View My Stats