MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG

Rusdi Efendi

Abstract


Intisari— Kenyataan yang dijumpai guru dalam pembelajaran dewasa ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa, kurangnya motivasi belajar siswa, serta kesulitan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Biasanya hal ini akan ditandai dengan adanya fakta bahwa guru dalam proses pembelajaran akan selalu menanyakan: Apakah ada kesulitan dalam proses pembelajaran? Apa penyebab kesulitan tersebut? Apakah kesulitan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan media pembelajaran yang lebih menarik?. Dalam proses belajar mengajar, kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan guru dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan bahan yang akan disampaikan kepada peserta didik dapat disederhanakan dengan bantuan media pembelajaran. Ada dua cara mengkomunikasikan yakni melalui pendengaran atau pengelihatan. Alat bantu (media) pembelajaran dapat membantu dalam kedua cara tersebut. Media dapat mewakili apa yang kurang mampu diucapkan guru melalui kata-kata atau kalimat tertentu. Dengan demikian siswa lebih mudah mencerna bahan apabila ada bantuan media pembelajaran.

Keywords


Media pembelajaran, guru



DOI: https://doi.org/10.37061/jps.v8i2.12432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rusdi Efendi



Jurnal Pengabdian Sriwijaya

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Kampus Universitas Sriwijaya
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km.32, Indralaya
Telepon: 0711-580074 Faximile: 0711-581058

Creative Commons License

Flag Counter