PELATIHAN SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TATA BAHASA INGGRIS DASAR MELALUI WEBSITE GRAMMAR

Mutiara Ayu, Fatimah Mulya Sari, Muhaqiqin Muhaqiqin

Abstract


Membimbing siswa untuk menguasai tata bahasa Inggris sesuai dengan yang mereka butuhkan merupakan tantangan untuk para guru. Terlebih lagi dalam situasi pandemi saat ini pembelajaran dilaksanakan secara daring. Banyak siswa masih mengalami kesulitan untuk memahami tata bahasa Inggris dasar. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan solusi media pembelajaran dan pelatihan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa Inggris dasar melalui website grammar. Kegiatan diawali dengan pengumpulan data, pengembangan website grammar dan pelatihan kepada para siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan adalah dengan observasi dan survei analisa kebutuhan siswa dalam pembelajaran tata bahasa dasar dipadukan dengan diskusi dan tanya jawab. Kemudian tim pelaksana mengembangkan website grammar yang dibuat khusus untuk para siswa SMA Muhammadiyah Gading Rejo. Lalu dilanjutkan dengan pelatihan penggunaan website grammar kepada para siswa dalam bentuk ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat dapat disimpulkan para siswa lebih bersemangat, termotivasi, dan lebih menyukai pelajaran tata bahasa Inggris dasar dengan memanfaatkan website grammar karena mereka dapat mengakses materi menggunakan website grammar dimanapun dan kapanpun karena dapat diakses setiap saat dengan mudah Sehingga proses pembelajaran dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien.


Keywords


Website grammar; pembelajaran daring; media pembelajaran



DOI: https://doi.org/10.37061/jps.v9i4.14337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mutiara Ayu, Fatimah Mulya Sari, Muhaqiqin Muhaqiqin



Jurnal Pengabdian Sriwijaya

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Kampus Universitas Sriwijaya
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km.32, Indralaya
Telepon: 0711-580074 Faximile: 0711-581058

Creative Commons License

Flag Counter