PELATIHAN MEMBUAT STATISTIK DESKRIPSI NILAI HASIL BELAJAR SISWA KEPADA GURU-GURU SDN DI WILAYAH TANJUNG GELAM INDERALAYA OGAN ILIR
Abstract
Pengolahan nilai hasil belajar siswa yang dilakukan oleh guru sekolah dasar (SD) masih dilakukan secara manual atau dengan menggunakan kalkulator sederhana. Hasil pengolahan nilai dengan cara ini berisiko mengakibatkan kesalahan perhitungan dan hanya menghasilkan informasi yang sedikit mengenai prestasi siswa. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya minat dan kemampuan guru SD yang relatif masih kurang dalam hal mengolah dan menyajikan nilai hasil belajar siswa dengan teknologi komputer. Kurangnya minat dan kemampuan guru dalam penggunaan komputer sebagai teknologi untuk membantu perhitungan, yang lazimnya sudah tidak asing lagi bagi semua kalangan, merupakan permasalahan yang perlu dibantu penyelesaiannya. Salah satu jalan keluar untuk permasalahan itu, adalah  memberikan tambahan wawasan dan kemampuan, mengenai penggunaan komputer, khususnya dalam mengolah nilai hasil belajar siswa dengan statistik deskripsi, melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM).  Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan, secara tatap muka langsung dengan guru-guru SD, dengan diskusi dan tanya jawab, serta evaluasi bagi peserta. Kegiatan PPM oleh dosen dari Jurusan Matematika FMIPA Universitas Sriwijaya, diberikan kepada guru-guru SD Negeri (SDN) di Wilayah Tanjung Gelam Kecamatan Indralaya, yaitu SDN 02, SDN 06, SDN 10, dan SDN 17. Kegiatan ini telah dilaksanakan di Gedung SDN 06 Indralaya, dihadiri oleh sembilan belas orang guru. Hasil pelaksanaan kegiatan, diperoleh informasi bahwa seluruh peserta memberikan respon yang sangat bagus dan antusias. Peserta menyatakan bahwa proses penilaian hasil belajar siswa, sangatlah penting. Namun demikian, penggunaan statistik deskripsi, belum pernah diterapkan dalam mengolah nilai hasil belajar  siswa, karena kemampuan peserta dalam menggunakan komputer masih kurang, padahal, hampir 85% peserta guru SDN, sudah tersertifikasi sebagai pendidik di tingkat SD. Secara keseluruhan, kegiatan ini telah berhasil dilaksanakan dan sangat memuaskan baik bagi Tim pelaksana maupun Guru-Guru sebagai peserta. Namun demikian, sangat perlu dipertimbangkan untuk menambah intensitas kegiatan PPM di sekolah-sekolah dasar, sebagai kegiatan pembinaan dari Universitas Sriwijaya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37061/jps.v1i2.1547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Pengabdian Sriwijaya
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Kampus Universitas Sriwijaya
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km.32, Indralaya
Telepon: 0711-580074 Faximile: 0711-581058