INKLUSI SOSIAL UNTUK PEMBERDAYAAN INDIVIDU DAN GRUP MELALUI EDUWISATA BATIK CIPRAT DI KARANGPATIHAN, PONOROGO

Novi Rizka Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggarisbawahi tentang konsep inklusifitas sosial dalam konteks pemberdayaan individu dan kelompok. Melalui program Eduwisata di Desa Karangpatihan, Ponorogo, edukasi dan wisata diintegrasikan sebagai sarana untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat termasuk didalamnya kelompok yang terpinggirkan atau rentan. Di Desa Karangpatihan identic dengan desa yang memiliki masyarakat disabilitas yang tentunya diberdayakan dan dilibatkan dalam berbagai momentum.  Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Eduwisata di Desa Karangpatihan telah berhasil menciptakan lingkungan inklusif yang memfasilitasi partisipasi seluruh lapisan masyarakat, termasuk individu dan kelompok yang sebelumnya terpinggirkan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktik inklusi sosial melalui pendekatan Eduwisata di tingkat desa, memberikan inspirasi untuk pengembangan program serupa di wilayah lain. Implikasi praktisnya adalah penguatan kapasitas masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya relevan untuk konteks lokal Desa Karangpatihan, tetapi juga dapat menjadi acuan bagi pengambil kebijakan, praktisi, dan peneliti yang berminat dalam upaya meningkatkan inklusi sosial melalui pendekatan edukasi dan wisata di tingkat komunitas

Keywords


Inklusi Sosial; Eduwisata; Karangpatihan



DOI: https://doi.org/10.37061/jps.v12i1.23359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Novi Rizka Amalia



Jurnal Pengabdian Sriwijaya

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Kampus Universitas Sriwijaya
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km.32, Indralaya
Telepon: 0711-580074 Faximile: 0711-581058

Creative Commons License

Flag Counter