TINGKAT PENGETAHUAN DAN STRES PADA CAREGIVER ANAK DENGAN SINDROMA DOWN

Bintang Arroyantri

Abstract


Belakang Para orang tua/wali dan guru merupakan caregiver utama dan amat penting perannya dalam mengoptimalkan kualitas hidup anak-anak berkebutuhan khusus. Adanya tantangan psikologis dikarenakan Caregiver yang tinggal dengan anak sindroma down memiliki disabilitas intelektual merasa tertekan dan terbebani sehingga seringkali mengalami stres dan gangguan emosional. Metode Studi ini adalah studi deskriptif observasional dengan pendekatan desain potong lintang.  Responden penelitian ini adalah 40 orang caregiver siswa SLB C Karya Ibu di Palembang. Pengukuran tingkat pengetahuan dan stres dilakukan menggunakan kuesioner yang diisi sendiri oleh caregiver.  Hasil Pada saat pelaksanaan kegiatan, terdapat 40 caregiver yang  hadir. Berdasarkan penilaian menggunakan kuesioner tersebut didapatkan sebanyak 15 orang (37,5%) caregiver mengalami stres. Tingkat pengetahuan pada caregiver mengenai sindrom down diukur menggunakan kuesioner yang berisi 7 pernyataan. Sebagian besar caregiver, yaitu sebanyak 29 orang (72,5%) memiliki pengetahuan yang buruk. Kesimpulan  Hasil menunjukan bahwa sebagian besar caregiver tidak memiliki stres, namun untuk menjaga kondisi psikologis caregiver agar tetap baik diperlukan adanya usaha pendampingan yang berkelanjutan, berupa penyuluhan dan proses evaluasi terhadap kondisi psikologisnya. Pada caregiver yang diketahui memiliki stres, dilakukan evaluasi lebih mendalam. Begitu juga dengan tingkat pengetahuan yang buruk pada caregiver juga memerlukan perhatian khusus, berupa pendampingan secara berkelanjutan.

Keywords


Sindroma Down, Caregiver, Pengetahuan, Stres



DOI: https://doi.org/10.37061/jps.v7i2.9754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Bintang Arroyantri



Jurnal Pengabdian Sriwijaya

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Kampus Universitas Sriwijaya
Jalan Raya Palembang-Prabumulih Km.32, Indralaya
Telepon: 0711-580074 Faximile: 0711-581058

Creative Commons License

Flag Counter